Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Kasus varian Omicron telah terdeteksi di Beijing, kata pejabat di ibu kota China pada Sabtu (15/1), ketika negara itu memerangi berbagai wabah varian virus corona yang sangat mudah menular menjelang Olimpiade Musim Dingin.

Pengumuman itu muncul sehari setelah kota selatan Zhuhai memberlakukan pembatasan perjalanan pada penduduk ketika tes massal menemukan tujuh infeksi.

Banner

Jutaan orang di seluruh wilayah China telah diperintahkan untuk tinggal di rumah dalam beberapa pekan terakhir, sementara sejumlah penerbangan domestik dibatalkan dan pabrik-pabrik ditutup, ketika negara di Asia Timur ini berusaha untuk mengendalikan serentetan wabah kecil virus corona, termasuk beberapa dari varian Omicron menjelang Olimpiade Beijing bulan ini.

Satu kasus Omicron yang ditransmisikan secara lokal ditemukan di Distrik Haidian yang merupakan rumah bagi banyak kantor pusat perusahaan teknologi, kata pejabat kota Pang Xinghuo pada konferensi pers.

Pihak berwenang sedang menguji penghuni lain dari kompleks perumahan dan gedung kantor pasien, dan telah membatasi akses ke 17 lokasi yang terkait dengan orang yang terinfeksi, ujar Pang.

Banner

Beijing telah lama melarang orang-orang dari wilayah yang telah melaporkan kasus, sementara mengharuskan semua kedatangan untuk memberikan tes COVID-19 baru-baru ini.

Penduduk juga telah didesak dalam beberapa pekan terakhir agar tidak meninggalkan kota untuk liburan Festival Musim Semi yang akan datang.

Pada hari Jumat (14/1), pemerintah kota pesisir Zhuhai, yang berbatasan dengan pusat perjudian Makau, mengatakan Omicron telah terdeteksi pada satu pasien yang sakit ringan dan enam pasien tanpa gejala.

Banner

Pejabat Zhuhai telah meminta penduduk agar tidak meninggalkan kota “kecuali diperlukan”, dengan keharusan menunjukkan hasil tes COVID negatif dalam 24 jam terakhir.

Kota itu telah meluncurkan pengujian massal untuk populasi 2,4 juta orang pada hari Jumat setelah kasus COVID terdeteksi di negara tetangga Zhongshan awal pekan ini.

Bisnis termasuk salon kecantikan, pusat kebugaran dan bioskop diperintahkan untuk tutup pada Kamis, dengan pejabat mengumumkan penangguhan rute bus umum di beberapa bagian kota.

Banner

China telah menjaga kasus COVID-19 relatif rendah selama pandemik dengan strategi tanpa toleransi, serta memerintahkan pengujian massal dan penguncian ketat ketika infeksi terdeteksi.

Penguncian yang lebih ketat telah diberlakukan di kota-kota kecil China di mana jutaan orang telah diperintahkan untuk tinggal di rumah dan dites, sementara pusat ekonomi seperti Shanghai dan Beijing telah mengunci dan menguji hanya lingkungan tertentu dalam upaya yang lebih terarah.

Tetapi varian Omicron yang menyebar cepat telah menguji strategi itu dalam beberapa pekan terakhir, muncul di kota pelabuhan Tianjin dekat Beijing sebelum menyebar ke pusat kota Anyang.

Banner

Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Mi Feng mengatakan kepada wartawan pada hari Sabtu bahwa China menghadapi “tantangan ganda” dari jenis virus Delta dan Omicron.

Dia memperingatkan bahwa daerah yang belum melihat wabah “tidak boleh melonggarkan” tindakan pencegahan mereka dan “memperkuat audit risiko.”

Sumber: Alarabiya

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan