Banner

Sejarah awal penulisan Al-Qur’an

Ilustrasi. Salinan Al-Qur’an. (T Foz on Unsplash)

Sejarah awal penulisan Al-Qur’an dimulai pada zaman Rasulullah ﷺ. Namun, Al-Qur’an lebih banyak dihapalkan daripada ditulis karena kemampuan menghapal para Sahabat radhiyallahu ‘anhum sangat kuat dan cepat, dan jumlah penghapal sangat banyak.

Di sisi lain, pada masa itu jumlah orang yang dapat membaca dan menulis sedikit, serta sarananya masih terbatas, yakni pelepah kurma, potongan kulit, permukaan batu cadas atau tulang belikat unta.

Banner

Pada zaman Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu (573-634 Masehi) tahun dua belas Hijriah, banyak penghapal Al-Qur’an yang wafat terbunuh dalam beberapa peperangan. Maka Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu memerintahkan para sahabat untuk mengumpulkan Al-Qur’an agar tidak hilang.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa Umar Ibn Khaththab radhiyallahu ‘anhu mengemukakan gagasan untuk menulis Al-Qur’an kepada Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu setelah selesainya perang Yamamah (632 Masehi).

Namun Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu tidak mau melakukannya karena takut dosa, sehingga Umar radhiyallahu ‘anhu terus-menerus mengemukakan pandangannya sampai Allah ﷻ membukakan pintu hati Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu.

Banner

Kemudian, beliau memanggil Zaid Ibn Tsabit radhiyallahu ‘anhu guna mencari dan mengumpulkan naskah Al-Qur’an yang ditulis di atas pelepah kurma, permukaan batu cadas dan dari hapalan para sahabat.

Mushaf tersebut berada di tangan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu hingga wafat, kemudian dipegang oleh Umar radhiyallahu ‘anhu hingga wafat, dan kemudian di pegang oleh Hafsah Binti Umar radhiyallahu ‘anha.

Seiring dengan penyebaran Islam ke luar wilayah Arab, pada zaman Khalifah Utsman Ibn Affan radhiyallahu ‘anhu (577-656 Masehi) pada tahun dua puluh lima Hijriah, muncul  perbedaan di antara kaum Muslimin dalam hal dialek bacaan Al-Qur’an. Perbedaan itu sesuai dengan mushaf-mushaf yang berada di tangan para Sahabat radhiyallahu ‘anhum.

Banner

Perbedaan dialek itu dikhawatirkan akan menjadi fitnah, sehingga Utsman radhiyallahu ‘anhu memerintahkan untuk mengumpulkan mushaf-mushaf tersebut menjadi satu mushaf guna menyamakan bacaan Al-Qur’an.

Utsman memerintahkan Zaid Ibn Tsabit, Abdullah Ibn Az-Zubair, Sa’id Ibnul Ash dan Abdurrahman Ibnul Harits Ibn Hisyam radhiyallahu ‘anhum untuk menuliskan kembali naskah-naskah Al-Qur’an yang telah ada sebelumnya (dipegang oleh Hafshah) dan memperbanyaknya.

Zaid Ibn Tsabit berasal dari kaum Anshar sementara tiga orang yang lain berasal dari Quraisy.

Banner

Setelah menyelesaikan penulisan Al-Qur’an dalam dialek Quraisy (karena Al-Qur’an diturunkan dengan dialek tersebut), Utsman radhiyallahu ‘anhu mengembalikan mushaf itu kepada Hafshah dan mengirimkan hasil pekerjaan tersebut ke seluruh penjuru negeri Islam.

Khalifah Utsman radhiyallahu ‘anhu juga memerintahkan untuk membakar naskah mushaf Al-Qur’an selainnya.

Kebijakan Utsman radhiyallahu ‘anhu menjadikan mushaf Al-Qur’an tak berubah dari awal sampai sekarang, disepakati oleh seluruh kaum Muslimin serta diriwayatkan secara akuntabel menurut kaidah periwayatan dalam Islam.

Banner

Laporan: Redaksi

Sumber: Muslim.or.id

Banner

Komentar

3 Komentar
  1. Kira2 Surah yg ditulis pada jaman Muhammad SW itu surah apa dan ayat berapa. Karna yg saya tahu, quran dituliskan krn banyaknya Havis Quran yg meninggal dalam perang Yamama.

    1. Dijaman baginda Rasul semuany ditulis ..namun tidak ad dibukukan /dikumpulkan menjdi satu mushaf
      Dijaman sayydi Abu Bakar lah yang dibukukan..

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan