Banner

Kamboja temukan lebih dari 100 potongan patung Buddha di kuil di taman Angkor

Foto tak bertanggal ini menunjukkan potongan-potongan patung Buddha yang ditemukan di Kuil Ta Prohm di Provinsi Siem Reap, Kamboja. (Xinhua/Otoritas Nasional Apsara)

Patung-patung Buddha yang ditemukan di Kuil Ta Prohm di taman arkeologi Angkor, Kamboja barat laut, antara lain terdiri dari patung Buddha yang dilindungi oleh seekor naga, patung Buddha dengan posisi bersila, dan patung Buddha dengan kepala dan tangan yang rusak.

 

Phnom Penh, Kamboja (Xinhua) – Tim arkeolog berhasil menemukan lebih dari 100 potongan patung-patung Buddha dari batu pasir dalam sebuah penggalian di Kuil Ta Prohm di taman arkeologi Angkor, Kamboja barat laut, seperti diungkapkan Otoritas Nasional Apsara (Apsara National Authority/ANA) dalam sebuah siaran pers pada Selasa (30/4).

Banner

ANA merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengelola, menjaga, dan melestarikan taman arkeologi Angkor, situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO, yang terletak di Provinsi Siem Reap.

Patung-patung Buddha yang ditemukan
Foto tak bertanggal ini menunjukkan para arkeolog sedang mengekskavasi potongan-potongan patung Buddha yang ditemukan di Kuil Ta Prohm di Provinsi Siem Reap, Kamboja. (Xinhua/Otoritas Nasional Apsara)

Net Simon, seorang arkeolog di Departemen Konservasi Monumen dan Arkeologi Preventif ANA, mengatakan bahwa patung-patung yang ditemukan tersebut antara lain terdiri dari patung Buddha yang dilindungi oleh seekor naga, patung Buddha dengan posisi bersila, dan patung Buddha dengan kepala dan tangan yang rusak.

“Beberapa patung memiliki tinggi sekitar 0,5 meter dan berukuran 40-50 sentimeter,” ujarnya.

Banner

“Kami berkesimpulan bahwa patung-patung Buddha ini dibuat pada periode gaya Bayon pada akhir abad ke-12 atau awal abad ke-13,” tambahnya.

Dibangun pada akhir abad ke-12 di bawah pemerintahan Raja Jayavarman VII, Kuil Ta Prohm merupakan salah satu kuil utama di taman arkeologi Angkor, taman arkeologi seluas 401 km persegi yang menjadi destinasi wisata terpopuler di negara Asia Tenggara itu.

Menurut perusahaan milik negara Angkor Enterprise, taman arkeologi Angkor menerima 347.534 pengunjung internasional pada kuartal pertama 2024, menghasilkan pendapatan kotor sebesar 16,5 juta dolar AS dari penjualan tiket.

Banner

*1 dolar AS = 16.260 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan