COVID-19 – Taiwan bergabung dengan COVAX pastikan akses vaksin

COVID-19 – Taiwan bergabung dengan COVAX pastikan akses vaksin
Ilustrasi. Taiwan akan menandatangani rencana alokasi vaksin global COVAX untuk memastikan negara tersebut memiliki akses ke vaksin COVID-19 begitu produk tersebut tersedia. (Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Taiwan akan menandatangani rencana alokasi vaksin global COVAX untuk memastikan negara tersebut memiliki akses ke vaksin COVID-19 begitu produk tersebut tersedia, kata Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung pada Sabtu (12/9), menurut Kantor Berita Taiwan (CNA).

Berbicara di sela-sela konferensi Euro Asia 2020 di Taipei, Chen mengatakan perjanjian dengan COVAX akan membantu memastikan Taiwan menerima akses yang adil dan setara ke vaksin COVID-19.

Pemerintah Taiwan telah melibatkan pengacara untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak terkait yang bergabung dalam proyek tersebut, kata menteri, seraya menambahkan bahwa penelitian Taiwan terhadap vaksin produk dalam negeri juga berjalan dengan baik.

Di masa lalu, vaksin biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk dikembangkan, namun karena sifat pandemik COVID-19, Chen mengatakan para peneliti di seluruh dunia sekarang terburu-buru untuk membuat vaksin dalam waktu sekitar satu tahun.

Jika ada kebutuhan, vaksin bisa mendapat otorisasi darurat, meski keamanannya tetap harus diperhatikan dalam jangka panjang, kata Chen.

COVAX adalah kolaborasi global untuk memproduksi vaksin COVID-19 yang dipimpin bersama oleh aliansi vaksin Gavi, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

COVAX bertujuan mempercepat pengembangan dan pembuatan vaksin COVID-19, serta menjamin akses yang adil dan merata bagi setiap negara di dunia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here