China luncurkan langkah-langkah bangun sistem dasar untuk data

Seorang staf menonton animasi mahadata pada layar LED di pusat pameran zona percontohan komprehensif mahadata nasional di Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 26 Mei 2022. (Xinhua/Ou Dongqu)

Sistem dasar untuk data China akan melibatkan pembentukan sistem properti, sistem sirkulasi dan perdagangan, sistem distribusi pendapatan, dan sistem tata kelola untuk mengatasi berbagai tantangan baru yang muncul terkait data sebagai tipe faktor produksi baru.

 

Beijing, China (Xinhua) – Sebuah dokumen resmi dirilis pada Senin (19/12), merinci langkah-langkah spesifik China untuk membangun sistem dasar data demi penggunaan sumber daya data secara lebih baik.

Di bawah dokumen yang dirilis bersama oleh Komite Sentral Partai Komunis China dan Dewan Negara tersebut, sistem untuk data China akan melibatkan pembentukan sistem properti, sistem sirkulasi dan perdagangan, sistem distribusi pendapatan, dan sistem tata kelola untuk mengatasi berbagai tantangan baru yang muncul terkait data sebagai tipe faktor produksi baru.

Seorang pejabat dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China mengatakan bahwa dokumen yang melibatkan 20 langkah utama tersebut menandai “sebuah langkah penting, menyeluruh, dan strategis” untuk terus memperdalam reformasi dan keterbukaan China di era baru.

Ini akan membantu memberikan peran penuh pada sumber daya data, memberdayakan ekonomi riil, mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi, serta membantu memperkuat, meningkatkan, dan memperluas ekonomi digital. Langkah ini juga akan menjawab revolusi teknologi dan transformasi industri dan membangun keunggulan baru bagi negara tersebut dalam persaingan di kancah internasional, kata pejabat itu.

Selain itu, langkah itu akan mendorong pembagian keuntungan pembangunan ekonomi digital untuk semua pihak, mendorong kesejahteraan bersama, dan pada saat yang sama, meningkatkan efisiensi tata kelola sumber daya data serta memodernisasi sistem dan kapasitas tata kelola nasional.

Provinsi Zhejiang di China timur dan daerah lain, serta industri dan perusahaan, akan didorong untuk memainkan peran perintis ketika kondisi memungkinkan.

Perbaikan kelembagaan akan terjadi secara bertahap, sementara standar tautan utama di bidang-bidang utama, seperti definisi hak milik data, sirkulasi data, dan perdagangan, akan diterapkan.

Sejumlah upaya eksperimental juga akan dilakukan untuk mempromosikan sirkulasi dan penggunaan data publik, data perusahaan, dan data pribadi yang efisien sesuai peraturan guna mendorong perkembangan ekonomi riil.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan