Banner

Studi: Biomassa global ternak 10 kali lebih berat dibandingkan mamalia liar

Foto yang diabadikan pada 18 Februari 2023 ini menunjukkan sapi-sapi di mesin pemerah susu berputar di sebuah peternakan sapi perah di Wuwei, Provinsi Gansu, China barat laut. (Xinhua/Fan Peishen)

Biomassa mamalia hasil domestikasi, termasuk sapi, domba, dan babi, mencapai sekitar 630 juta ton, lebih dari 30 kali bobot semua mamalia darat liar yang sekitar 20 juta ton, dan lebih dari 15 kali lipat dari mamalia laut liar yang sekitar 40 juta ton.

 

Yerusalem (Xinhua) – Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa total bobot ternak dan mamalia hasil domestikasi lainnya lebih dari 10 kali lipat lebih berat dibandingkan seluruh mamalia liar di dunia, menurut studi baru di Israel yang dirilis pada Senin (27/2).

Banner

Dalam studi yang dirilis di jurnal PNAS itu, tim peneliti dari Weizmann Institute of Science (WIS) di Israel tengah menemukan bahwa biomassa mamalia hasil domestikasi, termasuk sapi, domba, dan babi, mencapai sekitar 630 juta ton, lebih dari 30 kali bobot semua mamalia darat liar yang sekitar 20 juta ton, dan lebih dari 15 kali lipat dari mamalia laut liar yang sekitar 40 juta ton.

Biomassa mamalia hasil domestikasi
Dua ekor anak gajah Afrika bermain di Basis Konservasi Ex-situ Nasional Chimelong untuk Tumbuhan dan Satwa Liar Dunia yang Terancam Punah di Qingyuan, Provinsi Guangdong, China selatan, pada 3 November 2022. (Xinhua/Huang Guobao)

Mereka juga menemukan bahwa total bobot mamalia liar kurang dari 6 persen dari bobot semua mamalia, termasuk total bobot manusia yang sekitar 390 juta ton.

Temuan ini mengungkapkan sejauh mana alam, termasuk mamalia yang paling ikonis di dalamnya, lenyap akibat dampak aktivitas manusia, kata WIS.

Banner

Studi tersebut membuktikan urgensi upaya konservasi alam, dan juga dapat membantu mengevaluasi risiko yang ditimbulkan oleh penyakit yang menyebar dari mamalia lain ke manusia, menurut tim peneliti itu.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan