Banner

Pesan ucapan selamat dari pemimpin dunia atas terpilihnya Xi sebagai presiden China (Bagian 1 dari 2)

Xi Jinping dengan suara bulat terpilih sebagai presiden Republik Rakyat China (RRC) dan ketua Komisi Militer Sentral (Central Military Commission/CMC) RRC pada rapat pleno ketiga dalam sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14 di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 10 Maret 2023. (Xinhua/Li Xueren)

Xi Jinping terpilih sebagai presiden Republik Rakyat China (RRC) pada Jumat (10/3), melalui keputusan yang diambil oleh Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) China.

 

Beijing, China (Xinhua) – Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Xi Jinping yang terpilih sebagai presiden Republik Rakyat China (RRC) pada Jumat (10/3).

Banner

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dirinya ingin menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Xi atas terpilihnya Xi sebagai presiden China.

Keputusan yang diambil oleh Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) China menunjukkan bahwa Xi, sebagai kepala negara, memiliki prestise tinggi, dan bahwa strategi yang dia rumuskan untuk mendorong pembangunan ekonomi dan sosial China serta menjaga kepentingan China di kancah internasional memenangkan dukungan dari rakyat China, kata Putin.

Pihak Rusia memuji kontribusi Xi untuk memperkuat kemitraan koordinasi strategis komprehensif Rusia-China, tutur Putin, seraya mengungkapkan keyakinan kuatnya bahwa dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, kerja sama Rusia-China di berbagai bidang akan terus membuahkan hasil-hasil yang bermanfaat.

Banner

Putin menyebut dirinya akan terus mempertahankan komunikasi dan koordinasi yang erat dengan Xi terkait isu-isu regional dan internasional utama. Dia berharap Xi akan membuat pencapaian baru dan lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat China yang bersahabat.

Dalam pesan ucapan selamat untuk Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea (Workers’ Party of Korea/WPK) sekaligus Ketua Komisi Urusan Negara Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) Kim Jong Un mengatakan bahwa terpilihnya Xi sebagai presiden China mencerminkan kepercayaan dan dukungan yang mendalam dari CPC, pemerintah China, serta rakyat China terhadap Xi.

Dia percaya bahwa rakyat China, di bawah kepemimpinan Komite Sentral CPC dengan Xi sebagai intinya, pasti akan meraih kemenangan baru dalam mengimplementasikan keputusan dan rencana Kongres Nasional CPC ke-20.

Banner

Kim juga percaya bahwa hubungan bersahabat dan kooperatif yang telah lama terjalin antara RRDK dan China akan terus diperdalam sesuai dengan aspirasi bersama kedua partai dan kedua bangsa serta kebutuhan era baru.

Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Revolusioner Rakyat Laos (Lao People’s Revolutionary Party/LPRP) sekaligus Presiden Laos Thongloun Sisoulith mengatakan dirinya sangat yakin bahwa di bawah kepemimpinan yang kuat dari Komite Sentral CPC dengan Xi sebagai intinya, rakyat China akan membuat pencapaian baru dalam memajukan jalur China menuju modernisasi di segala bidang, menerapkan filosofi pembangunan baru dan mencapai pembangunan berkualitas tinggi, sehingga mendorong perjuangan sosialisme dengan karakteristik China dan mewujudkan Tujuan Seratus Tahun Kedua serta impian China untuk peremajaan nasional.

Thongloun dengan tulus berharap kemitraan kerja sama strategis komprehensif antara Laos dan China yang mencatatkan stabilitas jangka panjang serta pembangunan komunitas Laos-China dengan masa depan bersama akan terus membuahkan hasil.

Banner

Berlanjut ke bagian 2

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan