Pesan ucapan selamat dari pemimpin dunia atas terpilihnya Xi sebagai presiden China (Bagian 2 – selesai)

Xi Jinping, presiden Republik Rakyat China (RRC) dan ketua Komisi Militer Sentral RRC yang baru terpilih, diambil sumpah untuk berjanji setia kepada Konstitusi di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 10 Maret 2023. Dengan suara bulat, Xi terpilih sebagai presiden RRC dan ketua Komisi Militer Sentral RRC pada rapat pleno ketiga dalam sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14 pada Jumat (10/3). (Xinhua/Xie Huanchi)

Xi Jinping terpilih sebagai presiden Republik Rakyat China (RRC) pada Jumat (10/3), melalui keputusan yang diambil oleh Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) China.

 

Beijing, 10 Maret (Xinhua) – Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Xi Jinping yang terpilih sebagai presiden Republik Rakyat China (RRC) pada Jumat (10/3).

Raja Kamboja Norodom Sihamoni menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas terpilihnya Xi sebagai presiden China.

Dia menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinan Xi yang luar biasa, China terus memperdalam reformasi, berhasil membendung epidemi COVID-19, dan mencapai pertumbuhan ekonomi.

Dia meyakini bahwa dengan visi besar dan kepemimpinan kuat Xi, China akan dibangun menjadi negara sosialis modern yang hebat sesuai rencana.

Sihamoni menuturkan bahwa dirinya yakin persahabatan kokoh antara Kamboja dan China, yang ditempa dan dipelihara dengan baik oleh mantan raja Norodom Sihanouk dan generasi pemimpin China yang lebih tua, akan memetik manfaat di era baru.

Dia berharap Xi akan memimpin rakyat China menuju hari esok yang lebih cemerlang.

Dalam pesan ucapan selamatnya, Presiden Italia Sergio Mattarella mengatakan bahwa Italia dan China mempertahankan pertukaran yang erat dan persahabatan yang kuat antara kedua masyarakat, menunjukkan keinginan bersama untuk memperdalam kerja sama dan dialog yang saling menguntungkan.

Kedua pihak harus memanfaatkan peluang yang ada saat ini untuk mendorong pengembangan kemitraan strategis komprehensif yang lebih besar antara Italia dan China, ujar Mattarella.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic menuturkan bahwa dirinya yakin di bawah kepemimpinan Xi yang cermat, bijaksana, dan visioner, China akan mencatatkan pencapaian yang baru dan impresif di berbagai bidang.

Serbia secara tegas mendukung prinsip Satu China dan kebijakan “satu negara, dua sistem,” kata Vucic.

Presiden Argentina Alberto Fernandez berharap China akan terus bergerak maju dengan mantap di bawah kepemimpinan Xi selama masa jabatan barunya untuk mencapai kemakmuran nasional dan kesejahteraan rakyat.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bahwa Xi merupakan pemimpin yang hebat sekaligus sahabat bagi rakyat Venezuela, seraya menambahkan bahwa Venezuela siap bekerja sama dengan China untuk semakin memperdalam kerja sama bilateral dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Presiden Republik Afrika Tengah Faustin-Archange Touadera menuturkan bahwa dirinya yakin di bawah kepemimpinan kuat Xi, rakyat China pasti akan mencetak kemenangan demi kemenangan yang besar dalam perjalanan baru mereka menuju pembangunan negara sosialis modern di segala bidang dan memajukan peremajaan besar bangsa China di semua hal melalui jalur modernisasi China.

Presiden Komoro Azali Assoumani mengatakan bahwa dirinya berharap China akan memainkan peran kepemimpinan yang lebih besar dalam mendorong multilateralisme yang lebih kuat, dan perdamaian, keamanan, serta kemajuan di seluruh dunia, terutama di Afrika.

Selesai

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan