COVID-19 – Karakteristik genetik virus corona tunjukkan asal aslinya

COVID-19 – Karakteristik genetik virus corona tunjukkan asal aslinya
Ilustrasi. Asal mula virus corona baru lebih mungkin alamiah daripada buatan, karena tingkat afinitas genetik (tingkat kedekatan) SARS-CoV-2 dengan virus alami melebihi 90 persen. (CDC on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Asal mula virus corona baru lebih mungkin alamiah daripada buatan, karena tingkat afinitas genetik (tingkat kedekatan) SARS-CoV-2 dengan virus alami melebihi 90 persen, kata Direktur Institut Penelitian Vaksin Mechnikov dan Sera, Oksana Svitich, pada pertemuan profesor Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada Jumat (18/12).

“Jika kita mengevaluasi dari sudut pandang data genetik seberapa homolog (dari asal yang sama) virus corona baru dengan virus alami, maka tingkat homologinya melebihi 90 persen,” katanya, menurut Kantor Berita TASS.

Ilmuwan mencatat bahwa hingga saat ini, belum ada data yang menunjukkan bahwa struktur virus memiliki tanda-tanda diciptakan secara artifisial.

“Seandainya virus memiliki inklusi alien, informasi tentang ini akan muncul sejak lama,” kata Svitich, seraya menambahkan bahwa karena tidak ada bukti langsungnya, dirinya lebih cenderung (menganggap) virus ini varian yang wajar.

Menurut statistik global terbaru, lebih dari 76 juta orang telah terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia dengan lebih dari 1,6 juta kematian.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here