Komisi Eropa usulkan pemangkasan emisi 90 persen per 2040

Foto yang diabadikan pada 14 Oktober 2023 ini menunjukkan turbin angin di Brandenburg, Jerman. (Xinhua/Ren Pengfei)

Target iklim 2040 akan memberikan kerangka kerja yang jelas bagi industri, investor, penduduk, dan pemerintah Eropa untuk mengambil keputusan strategis dalam dekade ini, sehingga dapat memastikan UE tetap berada pada jalurnya menuju target netralitas iklim.

 

Brussel, Belgia (Xinhua) – Komisi Eropa pada Selasa (6/2) mengumumkan targetnya untuk memangkas emisi bersih (net emission) gas rumah kaca di Uni Eropa (UE) sebesar 90 persen per 2040 mendatang, dibandingkan dengan tingkat emisi pada 1990.

Proposal legislatif akan dibuat oleh Komisi berikutnya setelah pemilu UE pada Juni nanti, menurut rilis pers Komisi Eropa.

Target tersebut sejalan dengan komitmen UE yang dibuat pada 2021 untuk mencapai netralitas iklim per 2050, dengan target sementara berupa pemangkasan emisi bersih gas rumah kaca setidaknya 55 persen per 2030, dibandingkan dengan tingkat emisi pada 1990.

Target iklim 2040
Foto yang diabadikan pada 30 Mei 2023 ini menunjukkan peralatan bertenaga surya buatan China yang dipasang di rumah Dirk Heil di Schwarzenbek, Jerman. (Xinhua/Ren Pengfei)

Menetapkan target iklim 2040 akan memberikan kerangka kerja yang jelas bagi industri, investor, penduduk, dan pemerintah Eropa untuk mengambil keputusan strategis dalam dekade ini, sehingga dapat memastikan UE tetap berada pada jalurnya menuju target netralitas iklim, kata Komisi Eropa.

Target tersebut juga akan meningkatkan ketahanan Eropa terhadap krisis di masa depan, dan terutama memperkuat kemandirian energi UE dengan mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil, yang menyumbang lebih dari 4 persen Produk Domestik Bruto (PDB) UE pada 2022, tambah komisi tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan