Sisi menang pilpres Mesir setelah kantongi 89,6 persen suara

Presiden petahana Mesir Abdel-Fattah al-Sisi memenangkan pemilihan presiden 2024 dengan mengantongi 89,6 persen suara sah pada 18 Desember 2023. (Xinhua/Wang Dongzhen)

Presiden petahana Abdel-Fattah al-Sisi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Mesir 2024 dengan mengantongi 89,6 persen suara sah, mengalahkan tiga kandidat lainnya, yaitu Farid Zahran dari Partai Sosial Demokrat, Abdel-Sanad Yamama dari Partai Al-Wafd, dan Hazem Omar dari Partai Republik Rakyat.

 

Kairo, Mesir (Xinhua) – Otoritas Pemilihan Nasional (National Election Authority/NEA) Mesir pada Senin (18/12) menyatakan bahwa presiden petahana Abdel-Fattah al-Sisi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2024 dengan mengantongi 89,6 persen suara sah.

Dalam sebuah konferensi pers di ibu kota Mesir, Kairo, NEA mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih (turnout) mencapai 66,8 persen dari total 67 juta pemilih yang memenuhi syarat.

Presiden petahana Abdel-Fattah al-Sisi
Seorang pria melakukan selebrasi usai presiden petahana al-Sisi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2024, di Kairo, Mesir, pada 18 Desember 2023, dengan mengantongi sekitar 40 juta, atau 89,6 persen, suara sah. (Xinhua/Mohamed Asad)

Pemungutan suara di Mesir berlangsung pada 10-12 Desember, sementara warga Mesir di luar negeri memberikan suara mereka dari 1 hingga 3 Desember di 121 negara.

Empat kandidat mencalonkan diri sebagai presiden, yaitu Sisi, Farid Zahran dari Partai Sosial Demokrat, Abdel-Sanad Yamama dari Partai Al-Wafd, dan Hazem Omar dari Partai Republik Rakyat.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan