LIPI temukan dua spesies kepiting baru di Papua

LIPI temukan dua spesies kepiting baru di Papua
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua spesies kepiting baru di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, yang dinamakan 'Typhlocarcinops robustus' dan 'Typhlocarcinops raouli'. (Foto: Istimewa)

Jakarta (Indonesia Window) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua spesies kepiting baru yang hidup di muara Sungai Ajkwa, di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kata seorang peneliti pada Rabu.

Profesor Dwi Listyo Rahayu, ahli oseanografi di LIPI, mengatakan kedua spesies tersebut bernama Typhlocarcinops robustus dan Typhlocarcinops raouli.

Menurut dia, sungai-sungai di Mimika memiliki ekosistem yang kaya, dan menjadi habitat bagi banyak spesies seperti kepiting.

Prof. Rahayu menerangkan, Typhlocarcinops robustus memiliki bentuk tubuh dan cakar yang kokoh dan kuat, sedangkan Typhlocarcinops raouli memiliki tubuh persegi panjang dengan cakar yang ramping dan berbulu halus.

Proses idetifikasi kedua spesies ini telah berlangsung sejak 2016.

Sejauh ini, LIPI telah menemukan sejumlah spesies baru di Mimika, antara lain 29 flora dan 101 fauna, 50 spesies serangga, dua spesies mamalia, 26 spesies reptil, dua jenis ikan, dan 21 jenis kepiting.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here