Presiden Jokowi lantik Yudo Margono sebagai panglima TNI yang baru

Presiden RI Joko Widodo lantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI, Senin (19/12/2022), di Istana Negara, Jakarta. (Sekretariat Kabinet RI)

Panglima TNI yang baru tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI yang baru, pada Senin (19/12/2022), di Istana Negara, Jakarta.

Panglima TNI yang baru tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tanggal 19 Desember 2022.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Yudo mengucapkan penggalan sumpah jabatan yang didiktekan oleh presiden.

Yudo juga berjanji akan menjalankan tugas serta menjunjung tinggi etika jabatan sebagai panglima TNI.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Yudo.

Prosesi selanjutnya adalah penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Yudo Margono.

Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna, Senin (13/12/2022), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Yudo Margono, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), untuk menjadi panglima TNI. Yudo merupakan lulusan Akademi Militer Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988.

Yudo menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Andika Perkasa yang menjabat Panglima Tentara Nasional Indonesia pada tahun 2021 sampai 2022.

Sebelum memegang jabatan tersebut Panglima Tentara Nasional Indonesia Andika yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Jendral Andika yang lahir pada 21 Desember 1964 di Bandung, Jawa Barat, akan mengakhiri masa jabatannya pada 21 Desember 2022.

 Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan