Sedikitnya 15 orang tewas dalam penembakan massal di Universitas Charles Praha

Petugas polisi bekerja di dekat lokasi penembakan di Praha, Republik Ceko, pada 21 Desember 2023. (Xinhua/DanaKesnerova)

Penembakan di Universitas Charles Praha pada 21 Desember 2023 menewaskan lebih dari 15 orang, dan sedikitnya 24 orang lainnya luka-luka.

 

Praha, Republik Ceko (Xinhua) – Sedikitnya 15 orang tewas dalam insiden penembakan massal di sebuah kampus di Praha, ibu kota Ceko, pada Kamis (21/12), menurut kepolisian setempat.

Penembakan di Fakultas Seni Universitas Charles pada Kamis sore waktu setempat itu menewaskan lebih dari 15 orang, dan sedikitnya 24 orang lainnya luka-luka, kata Kepala Kepolisian Ceko Martin Vondrasek kepada awak media.

Penembakan di Universitas Charles
Menteri Dalam Negeri Republik Ceko Vit Rakusan (tengah) berbicara dalam konferensi pers terkait insiden penembakan massal di Praha, Republik Ceko, pada 21 Desember 2023. (Xinhua/DanaKesnerova)

Dalam konferensi pers yang sama, Menteri Dalam Negeri Republik Ceko Vit Rakusan mengatakan tidak ada indikasi bahwa penembakan tersebut terkait dengan terorisme internasional.

Layanan Penyelamatan Medis Praha sebelumnya menyebutkan bahwa sembilan orang terluka parah.

Menurut laporan Kantor Berita Ceko, petugas kepolisian di Wilayah Bohemia Tengah meluncurkan pencarian terhadap seorang pemuda sehubungan dengan kematian seorang pria di wilayah tersebut, yang dicurigai memiliki kaitan dengan penembakan di sebuah universitas hari ini.

Penembakan di Universitas Charles
Kendaraan darurat terlihat di dekat lokasi penembakan di Praha, Republik Ceko, pada 21 Desember 2023. (Xinhua/DanaKesnerova)

Rakusan menyebut penembakan itu sebagai “tindakan mengerikan, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Republik Ceko,” dan menyampaikan belasungkawa mendalam kepada pihak keluarga dan orang-orang terkasih dari para korban penembakan melalui media sosial.

Pemerintah Ceko mengatakan akan mengadakan pertemuan luar biasa pada Kamis malam terkait penembakan tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan