Banner

Dokter di China bantu penanganan penyakit kronis dengan anjuran pola makan dan olahraga

Ilustrasi. Pasien pengidap penyakit kronis dengan kondisi seperti diabetes, hiperlipidemia, dan hipertensi dianjurkan mengatur pola makan dan melakukan olahraga secara rutin. (Louis Hansel on Unsplash)

Pasien pengidap penyakit kronis dengan kondisi seperti diabetes, hiperlipidemia, dan hipertensi dianjurkan mengatur pola makan dan melakukan olahraga secara rutin.

 

Chongqing, China (Xinhua) – Lembaga-lembaga kesehatan masyarakat di tingkat akar rumput di China melakukan berbagai langkah untuk mendorong manajemen kesehatan pasien pengidap penyakit kronis, di antaranya adalah memberikan anjuran pola makan dan olahraga rutin, demikian diungkapkan para pejabat Komisi Kesehatan Nasional China dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Chongqing pada Selasa (5/12).

Banner

Zhu Hongming, yang menjabat wakil kepala Departemen Kesehatan Primer di komisi tersebut, menekankan bahwa lembaga-lembaga kesehatan di tingkat akar rumput sudah menyediakan banyak layanan kesehatan masyarakat dasar, terutama dalam penanganan pasien penyakit kronis, dan telah membangun hubungan layanan yang relatif stabil dengan masyarakat di perkotaan maupun pedesaan.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan penanganan penyakit kronis, pusat layanan kesehatan masyarakat dan pusat layanan kesehatan kota memberikan resep atau anjuran olahraga dan pola makan untuk pasien dengan kondisi seperti diabetes, hiperlipidemia, dan hipertensi, kata Zhu.

Zhang Qian, seorang research fellow di Institut Nasional Nutrisi dan Kesehatan yang berada di bawah naungan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, menyoroti pentingnya meresepkan rencana olahraga rutin dan pola makan dalam manajemen harian penyakit kronis.

Banner

Aktivitas fisik yang cukup sangat penting bagi kesehatan, karena dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan kematian, kata Zhang.

Zhang juga mengungkapkan bahwa Pedoman Pola Makan untuk Penduduk China (2022) tidak hanya menekankan pentingnya gizi seimbang, tetapi juga perlunya aktivitas fisik yang teratur.

Sebagai contoh, pedoman ini mendorong individu untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari, dengan target lebih dari 6.000 langkah aktif per hari, dan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi lebih dari lima hari per pekan, dengan total durasi lebih dari 150 menit per pekan, atau sekitar 20-30 menit per hari.

Banner

“Pasien penderita hipertensi dianjurkan untuk melakukan olahraga aerobik intensitas sedang secara teratur, seperti jalan cepat atau joging, setiap hari,” kata Zhang, mengutip pedoman pola makan China untuk orang dewasa penderita hipertensi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan