Partai PM Kamboja klaim kemenangan telak dalam pemilu

Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen menunjukkan surat suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Kandal, Kamboja, pada 23 Juli 2023. (Xinhua/Phearum)

Partai Rakyat Kamboja (Cambodian People’s Party/CPP) yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri (PM) Samdech Techo Hun Sen mengeklaim kemenangan telak dalam pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung pada Ahad (23/7).

 

Phnom Penh, 24 Juli (Xinhua) – Partai Rakyat Kamboja (Cambodian People’s Party/CPP) yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri (PM) Samdech Techo Hun Sen mengeklaim kemenangan telak dalam pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung pada Ahad (23/7), demikian disampaikan seorang juru bicara partai.

Meskipun hasil resmi belum diumumkan, juru bicara CPP Sok Eysan mengonfirmasi hasil tersebut pada Ahad malam, mengatakan bahwa kemenangan ini menandai kesuksesan besar lainnya bagi CPP.

“Kami menang telak dalam pemilu ini, namun kami belum menghitung jumlah kursi yang kami peroleh,” katanya kepada Xinhua. “Ini sungguh mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan CPP.”

Sebanyak 18 partai politik mengikuti pemilu yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali guna memilih 125 anggota parlemen untuk Majelis Nasional itu.

Komite Pemilihan Nasional masih menghitung hasil dari seluruh wilayah negara itu pada Minggu malam, dan hasil resmi akan diumumkan pada 9 Agustus.

Pemilihan pada Ahad itu merupakan pemilu ketujuh yang diselenggarakan di Kamboja sejak 1993.

Dalam pemilu sebelumnya yang digelar pada 2018, CPP memenangkan seluruh 125 kursi di Majelis Nasional.

CPP telah memerintah negara di Asia Tenggara itu sejak 1979.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan