Kota Saudi THE LINE di NEOM akan gunakan 100 persen energi terbarukan

Kota masa depan Arab Saudi THE LINE di NEOM akan menggunakan 100 persen energi terbarukan dan mobilitas berkecepatan tinggi di lingkungan yang bebas dari jalan, mobil, dan emisi. (SPA/Twitter)

“THE LINE akan menggunakan 100 persen energi terbarukan dan memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di atas transportasi dan infrastruktur seperti di kota-kota tradisional. Kota modern ini menempatkan alam di atas pembangunan dan akan berkontribusi untuk melestarikan 95 persen tanah NEOM.”

 

Jakarta (Indonesia Window) – Kota masa depan Arab Saudi THE LINE di NEOM akan menggunakan 100 persen energi terbarukan dan mobilitas berkecepatan tinggi di lingkungan yang bebas dari jalan, mobil, dan emisi, kata Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) mengatakan pada Senin (25/7). 

“THE LINE akan menggunakan 100 persen energi terbarukan dan memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di atas transportasi dan infrastruktur seperti di kota-kota tradisional. Kota modern ini menempatkan alam di atas pembangunan dan akan berkontribusi untuk melestarikan 95 persen tanah NEOM,” menurut siaran pers.

NEOM terletak di Tabuk, yang terletak di barat laut kerajaan, terbentang sepanjang Teluk Aqaba dan garis pantai sepanjang 468 kilometer dengan pantai dan terumbu karang, serta pegunungan hingga ketinggian 2.500 meter, mencakup luas total sekitar 26.500 kilometer persegi.

kota saudi the line
Desain THE LINE yang dinilai revolusioner diharapkan menciptakan sebuah revolusi peradaban yang mengutamakan manusia, memberikan pengalaman hidup perkotaan yang belum pernah ada sebelumnya, namun tetap melestarikan alam sekitarnya. (SPA/Twitter)

Pada peluncuran THE LINE tahun lalu, MBS mengatakan bahwa kota modern futuristic tersebut menerapkan pendekatan yang radikal dalam perencanaan kota.

“Desain yang terungkap hari ini untuk komunitas kota yang berlapis vertikal akan menantang kota datar tradisional dan horizontal, dan menciptakan model untuk pelestarian alam dan meningkatkan kemampuan huni manusia,” tuturnya.

Dalam pernyataan Senin (25/7), Putra Mahkota Arab Saudi mengatakan, kota masa depan THE LINE di NEOM akan menampung 9 juta penduduk dengan infrastruktur yang dirancang vertikal.

Desain THE LINE yang dinilai revolusioner diharapkan menciptakan sebuah revolusi peradaban yang mengutamakan manusia, memberikan pengalaman hidup perkotaan yang belum pernah ada sebelumnya, namun tetap melestarikan alam sekitarnya.

kota saudi the line
Desain kota THE LINE yang berbentuk vertikal memungkinkan orang untuk bergerak mulus dalam tiga dimensi (atas, bawah, atau menyilang), merujuk pada konsep yang disebut sebagai zero gravity urbanism. (SPA/Twitter)

“NEOM akan menjadi tempat bagi semua orang dari seluruh dunia untuk membuat jejak mereka di dunia dengan cara yang kreatif dan inovatif. NEOM tetap menjadi salah satu proyek terpenting dalam Visi Saudi 2030,” kata Putra Mahkota.

Desain kota THE LINE yang berbentuk vertikal memungkinkan orang untuk bergerak mulus dalam tiga dimensi (atas, bawah, atau menyilang), merujuk pada konsep yang disebut sebagai zero gravity urbanism. 

Berbeda dari sekadar gedung tinggi, konsep ini menempatkan taman umum dan area pejalan kaki, sekolah, rumah, dan tempat kerja secara berlapis, sehingga orang dapat bergerak dengan mudah untuk mencapai semua kebutuhan sehari-hari dalam waktu lima menit, menurut siaran pers.

Sumber: Al Arabiya

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan