Banner

Fokus Berita – Berbagai produk pintar China jadi ‘pusat perhatian’ di ajang MWC Barcelona 2024

Mobil Xiaomi SU7 dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)

Industri 3D telah mencapai tahap baru dalam hal produksi volume yang ditandai dengan peluncuran komputer, ponsel pintar, dan terminal naked-eye 3D lainnya sebagai hasil dari integrasi berkelanjutan konten 3D imersif ke dalam sejumlah industri dan peningkatan resolusi perangkat layar (display) serta upgrade daya komputasi.

 

Barcelona, Spanyol (Xinhua) – Berbagai produk dan aplikasi cerdas termutakhir yang dipamerkan oleh sejumlah perusahaan China menjadi pusat perhatian di ajang Mobile World Congress (MWC) yang sedang berlangsung di Barcelona.

Banner

Di tengah-tengah stan Xiaomi, terdapat mobil Xiaomi SU7 ‘Gulf Blue’, yang menarik perhatian luas dari para pengunjung yang antusias dan memadati stan tersebut.

Adam Butcher, seorang influencer teknologi, mengatakan bahwa dirinya ingin memesan mobil besutan Xiaomi tersebut.

Xiaomi resmi meluncurkan platform ‘Manusia x Mobil x Rumah’ (Human x Car x Home) secara global, yang mengintegrasikan perangkat pribadi, produk rumah tangga pintar, dan mobil, memfasilitasi koneksi tanpa batas dan koordinasi perangkat keras dalam waktu nyata (real-time), serta menjalin kolaborasi dengan para mitra industri.

Banner
Industri 3D telah mencapai
Orang-orang mengunjungi stan Alipay dalam ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, pada 26 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)

Dengan mengintegrasikan manusia, mobil, dan rumah, Xiaomi menargetkan untuk menciptakan interkoneksi end-to-end yang melampaui teknologi apa pun yang tersedia saat ini, ujar Daniel Desjarlais, Direktur Komunikasi Internasional Xiaomi.

Seulgi Lee, Kepala Thingsflow, sebuah perusahaan konten interaktif asal Korea Selatan, menyampaikan bahwa dirinya terpukau dengan teknologi “luar biasa” yang digunakan pada ZTE usai menjajal tablet tiga dimensi tanpa kacamata (naked-eye 3D) 5G+AI yang dikembangkan oleh ZTE.

“Saya belum pernah melihat teknologi semacam ini yang langsung menciptakan efek 3D usai mengambil foto!” kata Lee, yang sudah tidak asing lagi dengan produk-produk naked-eye 3D.

Banner

Berbicara dalam acara ‘5G Beyond Growth Summit’ yang diselenggarakan oleh Huawei di ajang World Mobile Congress, Li Qiang, General Manager Perencanaan dan Perakitan Seluler (Mobile Planning and Construction) di China Mobile, menuturkan bahwa industri 3D telah mencapai tahap baru dalam hal produksi volume yang ditandai dengan peluncuran komputer, ponsel pintar, dan terminal naked-eye 3D lainnya sebagai hasil dari integrasi berkelanjutan konten 3D imersif ke dalam sejumlah industri dan peningkatan resolusi perangkat layar (display) serta upgrade daya komputasi.

Industri 3D telah mencapai
Orang-orang mengunjungi stan iFlytek dalam ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, pada 26 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)

iFLYTEK merilis serangkaian aplikasi yang didasarkan pada kecerdasan buatan (artificial intelligence) generatif dan pembelajaran mendalam (deep learning). Perusahaan itu telah merambah pemasaran cerdas, rumah pintar, dan bidang-bidang lainnya.

Lenovo Group membantu memajukan arsitektur kota pintar di Barcelona melalui penerapan infrastruktur seperti jaringan internet, memastikan transmisi data perangkat yang cepat dan lancar, serta memberikan pengalaman yang efisien dan menyenangkan bagi khalayak umum, perusahaan, dan institusi masyarakat.

Banner

“Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan China menunjukkan kemampuan inovasi serta penelitian dan pengembangan (litbang) yang luar biasa. Peningkatan ini terlihat dalam berbagai investasi signifikan di (bidang) litbang, pendirian pusat penelitian global, serta melonjaknya jumlah pengajuan paten,” urai Luigi Gambardella, Presiden ChinaEU, asosiasi digital internasional yang berbasis di Brussel.

Direktur Jenderal GSMA Mats Granryd menuturkan kepada Xinhua dalam sebuah sesi wawancara bahwa dia senang melihat berbagai teknologi canggih yang dipamerkan oleh berbagai perusahaan China di ajang MWC.

Seorang staf menunjukkan antena 5G buatan China Telecom dalam ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)

“Saya memahami besarnya upaya, uang, talenta, yang dicurahkan oleh China ke dalam teknologi baru, ke dalam AI, ke dalam konektivitas yang akan membuahkan hasil di masa mendatang.”

Banner

Lara Dewar, chief marketing officer di GSMA, menyampaikan bahwa sangat penting untuk mengundang perusahaan-perusahaan China yang menampilkan “begitu banyak inovasi” di ajang MWC. Dia menambahkan bahwa MWC Shanghai akan berlangsung pada Juni mendatang.

MWC, ajang ekosistem konektivitas terbesar di industri teknologi, dibuka di Barcelona pada Senin (26/2) dan menarik total 2.400 ekshibitor, termasuk sekitar 300 perusahaan telekomunikasi China.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan