Banner

Feature – Seberapa mudahkah impor barang ke Indonesia?

CEO imporajalah.com di bawah PT. Tumbuh Selaras Alam

Oleh M. Toshio

Impor barang itu mudah karena hanya perlu beberapa pengetahuan dasar yang harus ada serta keberanian untuk mengimpor barang.

 

Banner

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Impor barang ke Indonesia sebenarnya mudah, namun kita membutuhkan beberapa informasi yang harus diketahui dan disiapkan, kata M. Toshio, CEO imporajalah.com di bawah PT. Tumbuh Selaras Alam, baru-baru ini.

Informasi tersebut antara lain pengetahuan tentang peraturan impor, alur proses bisnis perdagangan internasional, penyedia barang yang ingin diimpor dan barangnya itu sendiri serta keberanian untuk mengimpor barang.

Peraturan tentang impor sudah ada pada publikasi yang telah disiapkan oleh pemerintah seperti yang dapat dilihat dan diunduh pada laman situs Kementerian Perdagangan.

Banner

Kita perlu memantau dan memperbaharui informasi mengenai aturan-aturan yang berlaku sehingga dapat mempermudah proses impor yang akan kita lakukan.

Alur proses bisnis perdagangan internasional dapat dilihat dalam salah satu contoh situs yang menyediakan infromasi mengenai alur tersebut, yaitu Incoterms pada incodocs.

Mengenai barang yang ingin diimpor, kita harus mengenal karakteristiknya termasuk keamanan produk dan kemasannya.

Banner

Selain itu, keberanian untuk mengimpor barang diperlukan karena kita harus merogoh kocek untuk memulai impor barang yaitu akad jual belinya dengan membayar pembelian barang.

Incoterms atau International Commercial Terms adalah kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan pengertian antara penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional.

Incoterms menjelaskan hak dan kewajiban pembeli dan penjual yang berhubungan dengan pengiriman barang.

Banner

Kesimpalannya, impor barang itu mudah karena hanya perlu beberapa pengetahuan dasar yang harus ada serta keberanian untuk mengimpor barang.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan