Indonesia terima bantuan 100 ventilator dari AS

Indonesia terima bantuan 100 ventilator dari AS
Ilustrasi. Indonesia menerima bantuan 100 ventilator atau alat penunjang pernapasan dari Amerika Serikat guna mendukung penanganan COVID-19 di tanah air. (Photo by Engin Akyurt on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Indonesia menerima bantuan 100 ventilator atau alat penunjang pernapasan dari Amerika Serikat guna mendukung penanganan COVID-19 di tanah air.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedutaan Besar AS di Jakarta, Heather Variava, kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi di Kementerian Luar Negeri RI Jakarta pada Selasa.

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Bantuan dari Amerika Serikat tersebut merupakan realisasi dari komitmen Presiden Donald Trump yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dalam pembicaraan melalui sambungan telepon pada 24 April 2020.

Ventilator produksi Vyaire Medical itu merupakan pengiriman tahap pertama senilai 1,5 juta dolar AS (sekitar 21,8 miliar rupiah) dari total 1.000 unit yang disalurkan melalui USAID (Badan Pembangunan Internasional AS).

Menteri Luar Negeri RI menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Pemerintah AS dalam membantu Indonesia menangani COVID-19.

“Dua hal penting dari proses ini adalah, pertama, serah terima ventilator merupakan contoh nyata kolaborasi dalam penanganan pandemik. Kedua, kerja sama RI – AS tidak berhenti di sini. Indonesia dan Amerika Serikat akan memperkuat kemitraan strategis, tidak hanya dalam penanganan COVID-19, tapi juga dalam mencegah krisis kesehatan di masa depan dan mendukung tata kelola kesehatan di tingkat regional dan global,” kata menteri.

Sementara itu, KUAI Kedutaan Besar AS menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian rakyat Amerika Serikat kepada Indonesia dalam memerangi pandemik COVID-19.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here