COVID-19 – Arab Saudi sediakan vaksin di apotek secara gratis

COVID-19 – Arab Saudi sediakan vaksin di apotek secara gratis
Ilustrasi. Pemerintah Arab Saudi akan menyediakan vaksin virus corona di apotek seluruh kerajaan secara gratis. (torstensimon from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Arab Saudi akan menyediakan vaksin virus corona di apotek seluruh kerajaan secara gratis, kata Menteri Kesehatan Dr. Tawfik Al-Rabiah kepada Al Arabiya.

Rencana tersebut merupakan bagian dari upaya memperluas kampanye inokulasi yang sedang berlangsung dan memfasilitasi akses ke lokasi vaksin, tambahnya.

Lebih dari 100 fasilitas vaksinasi telah dibuka di seluruh wilayah Arab Saudi sejak Pemerintah Kerajaan memulai kampanye vaksinasi nasional pada 17 Desember, 2020.

Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi saat ini sedang mengevaluasi sejumlah vaksin COVID-19 dalam upaya memperluas proses vaksinasi di berbagai wilayah kerajaan.

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa vaksin yang saat ini disetujui di Arab Saudi atau yang sedang dievaluasi, digunakan bagi mereka yang berusia 16 atau 18 tahun.

Arab Saudi pada Selasa (2/3) telah mengumumkan rencana untuk memperluas pusat vaksinasi di seluruh kerajaan, kata juru bicara kesehatan Mohammed Al-Abd Al-Aly.

Namun, imbuhnya, wanita hamil dan anak-anak masih belum diizinkan untuk menerima vaksin virus corona karena studi lebih lanjut belum selesai.

Menkes juga mengumumkan vaksin COVID-19 akan menjadi prasyarat bagi petugas kesehatan yang mengikuti musim haji 2021.

“Panitia vaksinasi harus dibentuk untuk musim haji dan umroh, di mana mereka telah mengadopsi wajib vaksin COVID-19 untuk petugas kesehatan yang berpartisipasi,” katanya.

Arab Saudi baru-baru ini meluncurkan pusat vaksin drive-through atau lantatur (layanan tanpa turun) di Riyadh, Makkah, Madinah, dan Abha.

Mereka yang ingin menerima suntikan harus terlebih dahulu mendaftar melalui aplikasi vaksinasi resmi Sehatty.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here