Nancy Pelosi akan mundur dari kursi ketua Partai Demokrat di DPR AS

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi berbicara dalam konferensi pers mingguannya di Capitol Hill di Washington DC, AS, pada 13 Mei 2021. (Xinhua/Ting Shen)

Nancy Pelosi yang kini berusia 82 tahun, terpilih kembali tahun ini untuk mewakili distrik kongres ke-12 California di DPR di Capitol Hill.

 

Washington, AS (Xinhua) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada Kamis (17/11) mengumumkan bahwa dirinya akan mundur dari kursi ketua Partai Demokrat di DPR AS.

“Saya tidak akan mengikuti pemilihan kembali untuk kepemimpinan Demokrat di Kongres berikutnya,” tutur Pelosi dalam pidato pada Kamis siang waktu setempat.

Pada usia 82 tahun, Pelosi terpilih kembali tahun ini untuk mewakili distrik kongres ke-12 California di DPR di Capitol Hill.

Sejumlah outlet media AS memproyeksikan Partai Republik akan mengambil kendali DPR AS setelah pemilihan umum (pemilu) Sela 2022.

Pada Selasa (15/11), Partai Republik menominasikan Pemimpin Minoritas Republik Kevin McCarthy untuk menjadi ketua DPR.

Belum dapat dipastikan siapa yang akan memimpin Partai Demokrat dalam dua tahun mendatang dengan kepergian Pelosi dari kursi kepemimpinan.

Ketua DPR AS adalah pemimpin politik dan parlementer DPR, salah satu dari dua badan legislatif di Kongres AS.

Partai Demokrat akan kembali memegang kendali Senat AS di Kongres berikutnya, yang akan melakukan sidang untuk pertama kalinya pada 3 Januari 2023.

Kepercayaan publik terhadap Kongres AS mencapai titik terendah sepanjang masa, dengan hanya 7 persen warga Amerika yang mengungkapkan bahwa mereka ‘sangat’ atau ‘cukup’ percaya dengan Kongres, menurut jajak pendapat Gallup yang dirilis pada musim panas ini.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan