Banner

Konvensi Nasional Partai Demokrat AS dimulai di Chicago di tengah aksi unjuk rasa pro-Palestina

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris (tengah) berpidato dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat 2024 di Chicago, Illinois, AS, pada 19 Agustus 2024. (Xinhua/Li Rui)

Konvensi Nasional Partai Demokrat (Democratic National Convention/DNC) 2024 digelar di United Center di Chicago, Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), pada Senin (19/8), di saat ribuan demonstran pro-Palestina melakukan aksi unjuk rasa di dekat venue tersebut untuk menyatakan ketidakpuasan mereka atas penanganan konflik Israel-Palestina oleh pemerintahan Biden.

 

Chicago, AS (Xinhua/Indonesia Window) – Konvensi Nasional Partai Demokrat (Democratic National Convention/DNC) 2024 digelar di United Center di Chicago, Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), pada Senin (19/8), di saat ribuan demonstran pro-Palestina melakukan aksi unjuk rasa di dekat venue tersebut untuk menyatakan ketidakpuasan mereka atas penanganan konflik Israel-Palestina oleh pemerintahan Biden.

Konvensi itu dijadwalkan digelar pada 19-22 Agustus, dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris diperkirakan akan secara resmi menerima pengusungan dirinya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Gubernur Minnesota Tim Walz akan secara resmi menerima pengusungan dirinya sebagai calon wakil presiden dari partai tersebut.

Ribuan demonstran pro-Palestina berunjuk rasa di sebuah taman setempat untuk menyuarakan ketidakpuasan dan kemarahan mereka terhadap kebijakan terkait Israel di bawah pemerintahan Biden, di saat jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza telah melampaui 40.000 orang sejak meletusnya konflik itu pada 7 Oktober 2023.

Kepolisian Chicago mengatakan ada beberapa penangkapan yang dilakukan, namun tidak menyebutkan jumlahnya.

Pada hari pembukaan DNC, mantan menteri luar negeri AS Hillary Clinton dan Presiden United Auto Workers Sean Fain menyampaikan pidato utama.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (kanan) dan Wakil Presiden AS Kamala Harris (tengah) menghadiri Konvensi Nasional Partai Demokrat 2024 di Chicago, Illinois, AS, pada 19 Agustus 2024. (Xinhua/Wu Xiaoling)

Presiden AS Joe Biden, yang disambut dengan antusias oleh para delegasi, menyampaikan pidato utama selama hampir satu jam. Dalam pidato itu, dia menyoroti pencapaiannya sejak menjabat, mengecam mantan presiden AS Donald Trump, yang juga merupakan calon presiden dari Partai Republik, dan meminta para pemilih untuk mendukung Harris dalam upayanya menuju Gedung Putih.

“Dia (Harris) tangguh, dia berpengalaman, dan dia memiliki integritas yang luar biasa,” lanjut Biden. “Kisahnya mewakili kisah terbaik Amerika. Dan seperti banyak presiden terbaik kita, dia juga pernah menjadi wakil presiden,” ujar Biden.

Saat Biden mengakhiri pidatonya, keluarga presiden AS itu, termasuk Jill Biden, serta Harris dan suaminya, Doug Emhoff, bergabung dengannya di atas panggung.

Ketika Partai Demokrat berkumpul untuk konvensi tersebut, Trump menggunakan media sosial untuk mengkritik lawannya.

“Kamala Harris tidak dapat menjawab bagaimana dia akan mendanai skema pengeluaran liberal barunya yang akan membuat negara kita bangkrut!” kata Trump dalam sebuah unggahan di Truth Social.

Para demonstran berpartisipasi dalam sebuah aksi unjuk rasa saat penyelenggaraan Konvensi Nasional Partai Demokrat 2024 di Union Park di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 19 Agustus 2024. (Xinhua/Wu Xiaoling)

Harris pada Jumat (16/8) mengungkap sebuah agenda ekonomi komprehensif, yang mencakup langkah-langkah untuk memangkas pajak bagi kelas menengah, mengurangi biaya bahan makanan, menghadapi price gouging, serta menurunkan biaya kepemilikan dan sewa rumah.

Di negara-negara bagian kunci atau swing state yang dapat menentukan hasil pemilu, persaingan di antara kedua calon presiden itu masih ketat.

Menurut data jajak pendapat terbaru yang dikumpulkan oleh Real Clear Politics, Harris unggul 1,0 poin persentase dibanding Trump di Wisconsin dan 2,0 poin persentase di Michigan. Sementara itu di Pennsylvania, Harris tertinggal 0,2 poin persentase.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan