Tenaga kerja keperawatan di China tumbuh selama satu dekade terakhir

Seorang perawat membantu anggota keluarga pasien lanjut usia berkomunikasi dengan pasien melalui panggilan video di unit perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit Pertama Universitas Peking di Beijing, ibu kota China, pada 21 Januari 2023. (Xinhua/Li He)

Jumlah total perawat terdaftar di China telah melampaui 5,2 juta pada akhir tahun lalu, dengan sekitar 3,7 perawat terdaftar per 1.000 orang.

 

Beijing, China (Xinhua) – Jumlah perawat di China mengalami pertumbuhan yang konsisten selama sepuluh tahun terakhir, dengan rata-rata peningkatan tahunan sebesar 8 persen, demikian menurut Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China.

Hal ini terungkap dalam sebuah konferensi pers yang digelar oleh NHC pada Kamis (11/5) menjelang Hari Perawat Internasional.

Xing Ruoqi, Wakil Kepala Departemen Administrasi Medis NHC, mengatakan bahwa sekitar 300.000 perawat baru bergabung dengan tenaga kerja keperawatan setiap tahunnya selama satu dekade terakhir.

Jumlah total perawat terdaftar di China telah melampaui 5,2 juta pada akhir tahun lalu, dengan sekitar 3,7 perawat terdaftar per 1.000 orang, kata Xing.

Didukung oleh pendidikan dan pelatihan keperawatan dan langkah-langkah lain yang solid, tenaga kerja keperawatan telah tumbuh kuat, menyediakan perawatan kesehatan berkualitas tinggi bagi para pasien.

Xing menyebutkan bahwa NHC berencana untuk memperkuat pengembangan tenaga kerja keperawatan dengan menerapkan langkah-langkah yang efektif.

Hingga 2025 mendatang, China bertekad untuk memiliki 5,5 juta perawat, dan jumlah perawat terdaftar per 1.000 orang diperkirakan akan meningkat menjadi 3,8. Selain itu, negara tersebut ingin menambah jumlah perawat di institusi kesehatan akar rumput menjadi 1,2 juta orang.

Hari Perawat Internasional diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 12 Mei, yang merupakan hari kelahiran Florence Nightingale (1820-1910), yakni seorang perawat Inggris, pembaharu sosial dan ahli statistik, serta pendiri keperawatan modern.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan