Imbas unjuk rasa pro-Palestina, Universitas Columbia batalkan upacara wisuda

Sejumlah petugas kepolisian berjaga di depan gerbang masuk Universitas Columbia di New York City, Amerika Serikat, pada 30 April 2024. (Xinhua/Liu Yanan)

Universitas Columbia, yang berlokasi di New York City, AS, telah mengumumkan bahwa gelaran upacara wisuda (commencement) yang semula dijadwalkan pada 15 Mei telah dibatalkan, menyusul aksi unjuk rasa pro-Palestina dan unjuk rasa tandingan yang berlangsung selama berpekan-pekan, yang berujung pada pendudukan Hamilton Hall, gedung akademis di kampus tersebut, oleh para mahasiswa pada 29 April.

 

New York City, AS (Xinhua) – Universitas Columbia, yang berlokasi di New York City, Amerika Serikat (AS), pada Senin (6/5) mengumumkan bahwa gelaran upacara wisuda (commencement) yang semula dijadwalkan pada 15 Mei telah dibatalkan.

Institusi tersebut akan berfokus pada penyelenggaraan perayaan dengan skala lebih kecil di berbagai fakultas yang ada di universitas itu, sembari mengatakan bahwa “perayaan skala kecil dan berbasis fakultas ini merupakan hal yang paling berarti bagi (mahasiswa) dan keluarga mereka.”

Masalah keamanan dan keselamatan menjadi dasar dari perubahan tersebut, menurut juru bicara universitas itu yang tidak disebutkan namanya.

Langkah ini diambil menyusul aksi unjuk rasa pro-Palestina dan unjuk rasa tandingan yang berlangsung selama berpekan-pekan, yang berujung pada pendudukan Hamilton Hall, gedung akademis di kampus tersebut, oleh para mahasiswa pada 29 April.

Biasanya, upacara wisuda digelar di halaman utama Morningside Campus. Namun, area South Fields saat ini menjadi titik pusat aksi protes mahasiswa, termasuk lokasi “Perkemahan Solidaritas Gaza” yang digelar selama 14 hari.

Selama periode tidak menentu ini, beberapa kelas dialihkan ke pembelajaran hybrid dan pada akhirnya mahasiswa tidak diizinkan memasuki kampus kecuali jika mereka tinggal di asrama.

Pengumuman itu diunggah ke situs jejaring wisuda universitas tersebut dengan sebagian besar mahasiswa menerima informasi itu melalui outlet media. Diketahui bahwa tidak ada surel resmi yang dikirimkan kepada para mahasiswa di Universitas Columbia atau Barnard College.

Sekitar 15.000 mahasiswa diperkirakan akan lulus dari universitas itu tahun ini. Jadwal dan daftar upacara individual fakultas dapat ditemukan di situs jejaring wisuda universitas tersebut.

Sementara itu, University of Southern California telah membatalkan upacara wisudanya pada 25 April akibat aksi unjuk rasa pro-Palestina di kampusnya dan pandangan pro-Palestina dari lulusan terbaiknya. Universitas Columbia merupakan kampus Ivy League pertama yang membatalkan upacara wisudanya terkait masalah tersebut.

Universitas Columbia
Sejumlah petugas kepolisian memasang pagar keamanan di depan gerbang masuk Universitas Columbia di New York City, Amerika Serikat, pada 30 April 2024. (Xinhua/Liu Yanan)

Menyusul penangkapan 109 pengunjuk rasa di kampus Universitas Columbia pada 29 April, keberadaan aparat kepolisian akan dilanjutkan di kampus tersebut setidaknya hingga 17 Mei, atas permintaan universitas tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan