Banner

Majelis Umum PBB deklarasikan 2027 sebagai tahun pariwisata yang berkelanjutan dan tangguh

Sejumlah gajah bermain-main di sebuah sungai dalam acara tahunan Festival Gajah di Xayaboury, Laos, pada 17 Februari 2024. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap konservasi gajah serta mendorong pariwisata dan pembangunan ekonomi setempat. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)

Tahun Pariwisata Internasional yang Berkelanjutan dan Tangguh mendorong semua negara, sistem PBB, dan semua pelaku lainnya dalam memanfaatkan tahun internasional tersebut untuk mendorong dan mempercepat pembangunan berkelanjutan.

 

PBB (Xinhua) – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (26/2) mengadopsi sebuah resolusi untuk mendeklarasikan tahun 2027 sebagai Tahun Pariwisata Internasional yang Berkelanjutan dan Tangguh.

Banner

Resolusi tersebut mengajak Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization) untuk memfasilitasi penyelenggaraan dan pelaksanaan tahun internasional itu, bekerja sama dengan pemerintah, organisasi yang relevan dalam sistem PBB, organisasi internasional dan regional, serta para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Tahun Pariwisata Internasional
Foto eksposur panjang yang diabadikan pada 20 Desember 2023 ini menunjukkan lava dan asap yang keluar dari Gunung Merapi seperti yang terlihat dari Desa Srumbung di Magelang, Provinsi Jawa Tengah. (Xinhua/Priyo Utomo)
Turis mengunjungi Angkor Wat di Provinsi Siem Reap, Kamboja, pada 10 Februari 2024. Kamboja mencatatkan sekitar 1,05 juta turis domestik dan mancanegara saat perayaan Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi, menurut laporan Kementerian Pariwisata Kamboja yang dirilis pada Senin (12/2). (Xinhua/Sao Khuth)
Sejumlah wisatawan mengendarai kereta kuda di objek wisata Piramida Giza di Giza, Mesir, pada 24 Januari 2024. Mesir mencatat rekor jumlah wisatawan sebanyak 14,9 juta orang pada 2023, mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 14,7 juta wisatawan pada 2010, kata Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan pada Senin (22/1). (Xinhua/Sui Xiankai)

Resolusi itu mendorong semua negara, sistem PBB, dan semua pelaku lainnya dalam memanfaatkan tahun internasional tersebut untuk menggalakkan berbagai upaya di semua tingkatan serta mendukung pariwisata yang berkelanjutan dan tangguh sebagai sebuah sarana untuk mendorong dan mempercepat pembangunan berkelanjutan.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan