Banner

UNWTO: Pariwisata internasional akan capai level prapandemi pada 2024

Sejumlah wisatawan terlihat di dalam sebuah gua di Taman Nasional Dataran Tinggi Golden Gate di Provinsi Free State, Afrika Selatan, pada 14 Januari 2024. Terletak di bagian timur laut Provinsi Free State, nama Taman Nasional Dataran Tinggi Golden Gate berasal dari nuansa emas yang dipancarkan oleh matahari di tebing-tebing batu pasir. (Xinhua/Zhang Yudong)

Angka pariwisata internasional akan pulih ke level sebelum pandemi pada 2024 ini, dengan sekitar 1,3 miliar wisatawan internasional tercatat pada 2023, yang mewakili 88 persen dari tingkat prapandemi.

 

Madrid, Spanyol (Xinhua) – Angka pariwisata internasional akan pulih ke level sebelum pandemi pada 2024 ini, demikian menurut data yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nation World Tourism Organization/UNWTO) pada Jumat (19/1).

Banner

Barometer Pariwisata Dunia (World Tourism Barometer) UNWTO pertama tahun ini menunjukkan terdapat sekitar 1,3 miliar wisatawan internasional pada 2023, yang mewakili 88 persen dari tingkat prapandemi.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa “pemulihan pasar Asia yang lebih kuat” dan peningkatan jumlah koneksi maskapai penerbangan “diperkirakan akan mendukung pemulihan penuh pada akhir 2024.”

“Data terbaru UNWTO menggarisbawahi ketahanan dan pemulihan cepat pariwisata, dengan angka prapandemi yang diperkirakan akan tercapai pada akhir 2024,” kata Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili.

Banner
Angka pariwisata internasional
Foto yang diabadikan pada 10 Desember 2023 ini menunjukkan orang-orang melintas di sebuah jalan di Zermatt, Swiss. (Xinhua/Lian Yi)

Rebound ini memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi, lapangan kerja, pertumbuhan, dan peluang bagi masyarakat di mana saja. Angka-angka ini juga mengingatkan kembali akan tugas penting untuk memajukan keberlanjutan dan inklusi dalam pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Badan PBB yang berbasis di Madrid itu menjelaskan bahwa “pariwisata keluar (outbound) dan masuk (inbound) China diperkirakan akan meningkat pada 2024, berkat fasilitasi visa dan peningkatan kapasitas udara.”

UNWTO juga melaporkan bahwa penerimaan pariwisata internasional mencapai 1,4 triliun dolar AS pada 2023, yang merupakan 93 persen dari penerimaan sebesar 1,5 triliun dolar AS pada 2019.

Banner

*1 dolar AS = 15.630 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan