Banner

Para peneliti temukan spesies tanaman baru di China barat daya

Stauranthera floribunda, yang berarti berbunga banyak, mengacu pada jumlah bunganya yang banyak. (https://phytokeys.pensoft.net/)

Spesies tanaman baru dari famili Gesneriaceae ditemukan di Provinsi Yunnan, China barat daya, dinamakan Stauranthera floribunda, yang berarti berbunga banyak, mengacu pada jumlah bunganya yang banyak.

 

Beijing, China (Xinhua) – Para peneliti China menemukan spesies tanaman baru dari famili Gesneriaceae di Provinsi Yunnan, China barat daya, demikian menurut Akademi Ilmu Pertanian Tropis China.

Banner

Temuan yang dibuat oleh para peneliti dari Lembaga Penelitian Tanaman Rempah dan Minuman (Spice and Beverage Research Institute) di bawah naungan akademi tersebut baru-baru ini dipublikasikan di jurnal PhytoKeys.

Ketika menyelidiki sumber daya tanaman untuk rempah di Provinsi Yunnan pada 2022, para peneliti menemukan spesies Gesneriaceae yang tidak dikenal di dekat perbatasan China-Vietnam di wilayah Jinping.

Dengan membandingkan tanaman tersebut dengan beberapa spesies yang telah diketahui, para peneliti mengonfirmasi bahwa tanaman tersebut merupakan spesies baru dengan karakteristik unik seperti cymes yang lebat dan tidak memiliki taji mahkota.

Banner

Nama spesies baru tersebut, Stauranthera floribunda, yang berarti berbunga banyak, mengacu pada jumlah bunganya yang banyak.

Mengingat spesies baru itu menghadapi risiko kepunahan yang relatif tinggi di alam liar, para peneliti menyarankan agar spesies tersebut didaftarkan sebagai spesies sangat terancam punah (critically endangered) dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN).

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan