Banner

Peneliti AS kembangkan sistem AI baru untuk bantu orang yang kesulitan bicara

Foto yang diabadikan pada 8 Juli 2021 ini menunjukkan sebuah proyeksi holografik 3D dalam Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia 2021 di Shanghai, China timur. (Xinhua/Hu Zhixuan)

Sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Texas di Austin dapat membantu orang-orang yang memiliki kesadaran mental namun tidak dapat berbicara secara fisik, seperti mereka yang lemah akibat stroke.

 

Los Angeles, AS (Xinhua) – Para peneliti Amerika Serikat (AS) mengembangkan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru yang dapat membantu orang-orang yang memiliki kesadaran mental namun tidak dapat berbicara secara fisik, seperti mereka yang lemah akibat stroke.

Banner

Sistem yang disebut dekoder semantik itu dapat menerjemahkan aktivitas otak seseorang, sembari mendengarkan cerita atau diam-diam membayangkan penuturan cerita, menjadi aliran teks yang berkelanjutan, menurut studi yang diterbitkan pada Senin (1/5) di jurnal Nature Neuroscience.

Tidak seperti sistem decoding bahasa lain yang sedang dikembangkan, sistem ini tidak memerlukan subjek untuk memiliki implan bedah, menjadikan prosesnya tidak invasif.

Dalam dekoder yang baru dikembangkan ini, rekonstruksi ucapan bukan kata per kata, tetapi dapat memulihkan “inti” dari apa yang didengar pengguna, menurut studi tersebut.

Banner

Sistem ini dikembangkan oleh para peneliti di University of Texas di Austin (UT Austin).

“Untuk metode noninvasif, ini merupakan lompatan besar yang nyata dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan sebelumnya, yang biasanya berupa kata tunggal atau kalimat pendek,” papar Alex Huth, asisten profesor ilmu saraf dan ilmu komputer di UT Austin. “Kami mendapatkan model untuk memecahkan kode bahasa berkelanjutan untuk waktu yang lama dengan ide-ide rumit.”

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan