Kapal pesiar berukuran besar pertama buatan China mulai pelayaran perdana

Foto dari udara yang diabadikan pada 1 Januari 2024 ini menunjukkan kapal pesiar berukuran besar “Adora Magic City” di Terminal Kapal Pesiar Internasional Wusongkou Shanghai di Shanghai, China timur. (Xinhua/Ding Ting)

Kapal pesiar berukuran besar pertama buatan China, ‘Adora Magic City, memiliki panjang 323,6 meter, bobot kotor 135.500 ton, dan dapat menampung hingga 5.246 penumpang dengan total 2.125 kamar untuk tamu.

 

Shanghai, China (Xinhua) – Kapal pesiar berukuran besar pertama buatan China, ‘Adora Magic City’, meninggalkan sebuah pelabuhan di Shanghai pada Senin (1/1) sore waktu setempat untuk memulai pelayaran komersial perdananya, membuka babak baru bagi industri pembuatan kapal dan kapal pesiar negara tersebut.

Mengangkut lebih dari 3.000 penumpang, kapal itu bertolak dari Terminal Kapal Pesiar Internasional Wusongkou Shanghai dan diperkirakan akan mencapai sejumlah destinasi wisata di Asia Timur Laut, seperti Jepang dan Korea Selatan, sebelum kembali pada Ahad (7/1).

“Adora Magic City” memiliki panjang 323,6 meter, bobot kotor 135.500 ton, dan dapat menampung hingga 5.246 penumpang dengan total 2.125 kamar untuk tamu, menurut produsen kapal tersebut, China State Shipbuilding Corporation (CSSC) Shanghai Waigaoqiao Shipbuilding Co., Ltd. (SWS).

Kapal tersebut memiliki 16 lantai, dengan total luas ruang publik dan rekreasi mencapai 40.000 meter persegi.

Pembuatan kapal-kapal pesiar berukuran besar seperti “Adora Magic City” menandai kemajuan besar dalam kapasitas pembuatan kapal di China secara keseluruhan, ujar Manajer Umum SWS Chen Gang.

Setelah delapan tahun penelitian ilmiah serta lima tahun proses desain dan konstruksi, kapal tersebut diluncurkan pada November 2023.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan