Banner

SAR Hong Kong memilih 36 deputi untuk badan legislatif nasional

Sidang pleno kedua Konferensi Pemilihan Deputi Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong untuk Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14 digelar di Hong Kong, China selatan, pada 15 Desember 2022. (Xinhua/Chen Duo)

Pemilihan deputi Hong Kong untuk Kongres Rakyat Nasional ke-14 yang dihadiri oleh 1.273 anggota, telah memilih 36 deputi melalui pemungutan suara yang bersifat rahasia dalam sidang pleno konferensi.

 

Hong Kong (Xinhua) – Sebanyak 36 kandidat pada Kamis (15/12) terpilih sebagai deputi Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong untuk Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14, yang merupakan badan legislatif tertinggi China.

Banner

Para deputi tersebut dipilih melalui pemungutan suara yang bersifat rahasia dalam sidang pleno kedua Konferensi Pemilihan Deputi SAR Hong Kong untuk NPC ke-14 yang dihadiri oleh 1.273 anggota.

Konferensi tersebut juga menentukan, berdasarkan metode pemilihan, garis suksesi untuk lima kandidat lainnya, yang akan mengisi kekosongan jika salah satu deputi terpilih meninggalkan jabatannya.

Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee, yang juga menjabat sebagai ketua presidium konferensi elektoral itu, memimpin jalannya sidang pleno tersebut.

Banner

Yang Zhenwu, Sekretaris Jenderal Komite Tetap NPC, yang juga menghadiri pertemuan tersebut, mengucapkan selamat kepada para deputi terpilih dan memuji pemilihan itu sebagai proses yang terbuka, adil, dan objektif.

Dia menyuarakan keyakinannya bahwa para deputi yang baru terpilih akan meneruskan tradisi patriotik, memberikan contoh yang baik dalam mematuhi Konstitusi Republik Rakyat China dan Undang-Undang Dasar SAR Hong Kong, dan sepenuhnya menerapkan prinsip “satu negara, dua sistem”, serta bersumpah setia kepada Republik Rakyat China dan SAR Hong Kong, sehingga dapat menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan negara, sekaligus memberikan kontribusi yang baru dan lebih besar terhadap peremajaan nasional serta kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong.

Menurut metode SAR Hong Kong dalam pemilihan deputi NPC ke-14, hasil pemilihan akan diserahkan ke Komite Tetap NPC untuk peninjauan kualifikasi.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan