Ramadhan 1441 Hijriah dimulai pada 24 April 2020

Ramadhan 1441 Hijriah dimulai pada 24 April 2020
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Indonesia telah menyatakan bahwa bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada 24 April 2020.

Keputusan tersebut diumukan pada sidang penetapan 1 Ramadhan (isbat) yang dihadiri oleh sejumlah pengurus organisasi Islam dan ahli astronomi di Kantor Kementerian Agama RI di Jakarta pada Kamis.

Pertemuan tersebut digelar terbatas, dengan sebagian peserta hadir melalui platform online karena periode Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona.

Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Razi, dan diikuti oleh anggota dan pemimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, organisasi massa Islam, dan ahli astronomi.

“Akhirnya, kami dengan suara bulat menentukan bahwa awal Ramadhan 1441 Hijriah jatuh esok hari, atau bertepatan hari Jumat, 24 April 2020,” kata Fachrul.

Bulan pertama dalam sistem kalender Islam ditentukan oleh siklus bulan, dan bervariasi setiap tahun dalam kalender masehi.

Ramadhan yang merupakan bulan kesembilan dari kalender Islam merupakan periode saat Umat Islam melakukan ibadah puasa sebagai salah satu dari lima Rukun Islam.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here