Presiden: Rumah layak benteng hadapi pandemik

Presiden tekankan pembangunan kota berkelanjutan pada Hari Habitat Dunia 2020
Presiden RI Joko Widodo menyatakan rumah yang layak akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa, sekaligus berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan, termasuk pandemik COVID-19, pada peringatan Hari Habitat Dunia 2020 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Senin (5/10/2020). (Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa rumah yang layak akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa, sekaligus berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan, termasuk pandemik COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala negara pada peringatan Hari Habitat Dunia 2020 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, dengan tema Housing for All: A Better Urban Future atau Perumahan Bagi Semua: Sebuah Masa Depan Kota Yang Lebih Baik.

Menurut presiden, tema tersebut sangat relevan karena rumah layak adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia.

“Pemerintah Indonesia berupaya keras agar setiap warga negara dapat menempati rumah layak huni. Sejak tahun 2015 pemerintah telah melaksanakan program Satu Juta Rumah. Target pembangunan satu juta unit rumah per tahun sudah berhasil dilampaui pada tahun 2018 dengan fokus pada masyarakat berpenghasilan rendah,” tutur kepala negara.

Hingga saat ini Pemerintah Indonesia juga terus berusaha mengembangkan inovasi pembiayaan untuk meningkatkan akses rumah bagi kelompok masyarakat tersebut.

Partisipasi swasta, masyarakat, dan lembaga keuangan terus didorong dengan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang memberikan jaminan ketersediaan sumber dana jangka panjang dan berkelanjutan.

Hari Habitat Dunia diperingati secara global pada hari Senin pertama bulan Oktober setiap tahun.

Peringatan tersebut pertama kali dimulai pada tahun 1986 setelah adopsi Resolusi Sidang Umum PBB 40/202.

Beberapa kota besar di dunia yang pernah menjadi tuan rumah acara tersebut termasuk New York (Amerika Serikat), Brussel (Belgia), Dubai (Uni Emirat Arab), dan Jakarta.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here