Banner

Presiden China dorong lebih banyak pekerja saintek berpartisipasi dalam popularisasi sains

Seorang partisipan menjajal sebuah sistem interaktif dalam Pameran Teknologi Media Baru China (China New Media Technology Exhibition) pada Konferensi Media Baru China 2023 di Changsha, Provinsi Hunan, China tengah, pada 12 Juli 2023. Lebih dari 800 orang, termasuk perwakilan dari departemen pemerintah pusat dan daerah, organisasi berita, platform daring, serta universitas dan institusi, menghadiri konferensi tersebut. (Xinhua/Chen Zeguo)

Presiden China Xi Jinping mendorong para akademisi dan pakar untuk menggugah lebih banyak pekerja sains dan teknologi (saintek) untuk mendukung dan berpartisipasi dalam upaya mempopulerkan sains dan meningkatkan literasi ilmiah di China.

 

Beijing, China (Xinhua) – Presiden China Xi Jinping mendorong para akademisi dan pakar untuk menggugah lebih banyak pekerja sains dan teknologi (saintek) untuk mendukung dan berpartisipasi dalam upaya mempopulerkan sains dan meningkatkan literasi ilmiah di China.

Banner

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China, menyampaikan pernyataan tersebut pada Kamis (20/7) dalam sebuah surat balasan kepada para akademisi dan pakar yang telah berpartisipasi dalam tur kuliah bertajuk ‘sains dan China’.

Xi mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, para akademisi dan pakar telah secara aktif berpartisipasi dalam “sains dan China”, menyebarkan pengetahuan ilmiah secara luas dan mendorong semangat ilmiah, serta memainkan peran yang baik dalam mempromosikan popularisasi sains.

Xi mengatakan popularisasi sains merupakan pekerjaan penting dan mendasar yang diperlukan untuk mencapai pembangunan inovatif.

Banner

Dia berharap para akademisi dan pakar akan terus melanjutkan tradisi mulia melayani negara melalui sains, mendorong lebih banyak pekerja ilmiah dan teknologi untuk mendukung dan berpartisipasi dalam popularisasi sains, serta menginspirasi minat kaum muda untuk menghargai sains dan menimba pengetahuan melalui konten berkualitas tinggi dan kaya serta cara-cara populer, untuk mempromosikan literasi sains untuk semua, serta memberikan kontribusi baru untuk mencapai kemandirian tingkat tinggi dan peningkatan diri dalam bidang saintek serta mempromosikan modernisasi China.

Tur kuliah akademisi dan pakar bertajuk ‘sains dan China’ diluncurkan pada Desember 2002. Sejak saat itu, lebih dari 2.000 kegiatan popularisasi sains telah diselenggarakan secara nasional.

Baru-baru ini, 20 akademisi dan pakar yang memprakarsai dan berpartisipasi dalam ‘sains dan China’ menulis surat untuk Xi, melaporkan berbagai pencapaian yang dibuat sejak peluncuran kampanye tersebut. Mereka mengusulkan untuk memajukan inisiatif yang melibatkan seribu akademisi dan seribu kegiatan popularisasi sains guna mengumpulkan kekuatan akademisi dan pakar, serta memberikan kontribusi yang lebih besar demi memperkuat popularisasi sains nasional dan mempercepat realisasi kemandirian dan peningkatan diri tingkat tinggi di bidang saintek.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan