Prasasti berusia ratusan tahun ditemukan di China utara

Foto yang diabadikan pada 8 Mei 2023 ini menunjukkan sebuah bagian dari prasasti seorang pejabat berusia 502 tahun yang ditemukan di Provinsi Hebei, China utara. (Xinhua/Liu Taoxiong)

Prasasti dari Dinasti Ming yang ditemukan di Provinsi Hebei, China utara, memuat 854 aksara Mandarin yang dipahat pada salah satu sisi batu yang mencatat secara rinci pengalaman studi dan kerja Zhao, serta sikap berbakti, salah satu prinsip moral tradisional terpenting di China, yang ditunjukkan oleh tiga generasi keluarga Zhao, dari orang tua hingga putranya, yang kemudian dianggap sebagai teladan.

 

Shijiazhuang, China (Xinhua) – Prasasti seorang pejabat berusia 502 tahun ditemukan di Provinsi Hebei, China utara, demikian disampaikan oleh otoritas setempat.

Dipahat pada lempengan batu biru (bluestone), prasasti yang berasal dari masa Dinasti Ming (1368-1644) tersebut ditemukan di Desa Zhaopai di Kota Xingtai. Prasasti tersebut memiliki tinggi 130 cm, lebar 75 cm, dan tebal 22 cm.

Prasasti itu didirikan di makam seorang pejabat setempat bernama Zhao Siming. Prasasti tersebut memuat 854 aksara Mandarin yang dipahat pada salah satu sisi batu yang mencatat secara rinci pengalaman studi dan kerja Zhao, serta sikap berbakti, salah satu prinsip moral tradisional terpenting di China, yang ditunjukkan oleh tiga generasi keluarga Zhao, dari orang tua hingga putranya, yang kemudian dianggap sebagai teladan.

Pada sisi lain prasasti itu terdapat atlas silsilah keluarga Zhao, yang pindah dari daerah dekat Provinsi Shanxi ke Hebei.

Menurut Lan Jianhui, seorang ahli budaya dan sejarah setempat, prasasti itu relatif terpelihara dengan baik, dan penemuan ini akan membantu untuk mempelajari politik, budaya, sejarah, dan adat istiadat di daerah tersebut pada masa pertengahan Dinasti Ming.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan