Piala Dunia Qatar jadi turnamen internasional yang paling banyak ditonton

Pemain Maroko Youssef En Nesyri (tengah) menendang bola dalam pertandingan Grup F antara Maroko melawan Kanada di Piala Dunia FIFA 2022 yang berlangsung di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, pada 1 Desember 2022. (Xinhua/Chen Cheng)

Piala Dunia Qatar telah mencatat kehadiran tertinggi penonton yang pernah ada dalam sejarah turnamen sepak bola global, mencapai 2,45 juta penonton secara kumulatif dari seluruh stadion di negara Timur Tengah itu, setelah 13 hari dan 48 pertandingan.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Piala Dunia Qatar telah mencatat kehadiran tertinggi penonton yang pernah ada dalam sejarah turnamen sepak bola global, mencapai 2,45 juta penonton secara kumulatif dari seluruh stadion di negara Timur Tengah itu, sebuah laporan menemukan.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh FIFA di portal Qatar 2022 menunjukkan bahwa setelah 13 hari dan 48 pertandingan, edisi pertama turnamen yang diselenggarakan di wilayah Timur Tengah telah mencapai rekor jumlah penonton, dengan rata-rata tingkat hunian 96 persen, lebih tinggi dari angka 2,17 juta yang tercatat selama Piala Dunia Rusia 2018.

Penonton tertinggi dalam sejarah Piala Dunia FIFA sejak final 1994 terlihat di Stadion Lusail di Qatar ketika 88.966 penggemar menyaksikan pertandingan Argentina vs Meksiko Sabtu lalu, 26 November.

Faktor lain yang menarik dalam edisi Piala Dunia tahun ini adalah bahwa tim-tim dari semua benua telah melaju ke babak 16 besar, menjadi yang pertama untuk turnamen global.

Tiga tim dari kawasan Asia Pasifik – Australia, Jepang, dan Korea Selatan – mencapai babak sistem gugur dalam rekor kompetisi untuk kawasan yang sebelumnya hanya memiliki dua tim pada tahun 2002 dan 2010. Selain itu, dua tim Afrika – Senegal dan Maroko – juga mencapai babak sistem gugur, kesempatan terakhir seperti itu terjadi pada tahun 2014.

“Hasil babak grup menunjukkan sejauh mana lebih banyak negara telah memperoleh alat untuk bersaing di level tertinggi,” kata Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA, Arsene Wenger, dalam sebuah pernyataan pada Ahad (4/12).

“Ini adalah hasil dari persiapan dan analisis lawan yang lebih baik, yang juga merupakan cerminan dari akses teknologi yang lebih setara. Ini sangat sejalan dengan upaya FIFA untuk meningkatkan daya saing sepak bola dalam skala global.”

Satu rekor yang sangat luar biasa dibuat oleh legenda sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo yang merupakan pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia.

Sejarah juga dibuat oleh Stephanie Frappart, yang menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Dunia FIFA, dan, bersama dengan Neuza Back dan Karen Díaz Medina, membentuk trio wanita pertama yang memimpin.

Piala Dunia Qatar 2022 dimulai pada 20 November dan akan berlangsung hingga 18 Desember.

Sumber: Al Arabiya English

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan