Banner

Kaus plastik daur ulang buatan perusahaan tekstil Taiwan akan dikenakan oleh para pemain bola dari sejumlah tim nasional di Piala Dunia FIFA 2022 yang digelar di Qatar.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Pemasok tekstil utama Taiwan, yang telah lama menjadi bagian dari rantai pasokan Piala Dunia FIFA, menggunakan teknologi canggih mereka untuk mengubah limbah plastik daur ulang menjadi kaus dan perlengkapan sepak bola.

Banner

Far Eastern New Century Corp. adalah salah satu dari perusahaan tersebut. Merek tekstil Taiwan ini telah bekerja sama dengan Parley for the Ocean, sebuah organisasi lingkungan yang bertujuan untuk melindungi laut, serta Adidas, untuk meluncurkan kaus yang terbuat dari limbah plastik laut.

Di Piala Dunia mendatang, total sembilan tim telah mengadopsi kaus buatan Far Eastern, di antaranya Jerman, Jepang, Spanyol, Argentina, Meksiko, Belgia, dan Wales.

Tim Meksiko bahkan telah dipilih oleh media berita internasional sebagai tim ‘berpakaian terbaik’.

Banner

“Meksiko tidak pernah kekurangan desain yang kuat, tetapi bahkan dengan standar tinggi mereka, kit 2022 mereka sangat mengesankan,” ESPN baru-baru ini melaporkan. “Pola detail yang terpancar dari kerah dan membentang di bagian depan kemeja – anggukan ke Quetzalcoatl, dewa Aztec yang namanya diterjemahkan menjadi ‘ular berbulu’ – menarik perhatian.

Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan dimulai pada 20 November hingga 18 Desember di Qatar, diperkirakan akan menarik lima miliar pemirsa di seluruh dunia, menciptakan peluang bisnis ratusan miliar dolar AS untuk pemasok barang dagangan Piala Dunia, menurut Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola (FIFA).

Manajer divisi serat panjang Far Eastern Huang Chuan-yi mengatakan kepada CNA bahwa perusahaannya telah menghabiskan waktu sekitar tujuh tahun dalam mengembangkan produk dari limbah plastik laut. Tahun ini adalah pertama kalinya mereka mampu menunjukkan upayanya, dengan meluncurkan produk yang terbuat dari plastik daur ulang dalam acara olahraga internasional besar seperti Piala Dunia.

Banner

Huang mengatakan Far Eastern telah menjadi bagian dari rantai pasokan Piala Dunia selama lebih dari 10 tahun dan produknya telah memenuhi permintaan dari semua kliennya.

Menjelang Piala Dunia, kata Huang, Far Eastern menggunakan limbah laut daur ulang untuk memproduksi kaus bagi FC Bayern Munich dan Royal Madrid setelah melakukan tes berulang kali dalam ketahanan bahan dan pewarnaan warna untuk persiapan turnamen 2022 itu.

Huang mengatakan, Far Eastern membutuhkan setidaknya tiga tahun penelitian dan pengembangan untuk produk baru sebelum produksi dapat dimulai. Perusahaan ini memiliki 200 ahli dalam bidang R&D (research and development).

Banner

Untuk bagiannya, Shinkong Synthetic Fibers Corp. yang berusia 55 tahun juga telah menjadi pemain utama dalam rantai pasokan Piala Dunia selama lebih dari satu dekade dengan mengembangkan teknologi produksi yang canggih untuk mendapatkan kepercayaan dari kliennya, kata Lo Shih-chuan, wakil kepala komite pengambilan keputusan Shinkong.

Lo mengatakan, perusahaannya telah mengembangkan benang daur ulang selama bertahun-tahun dan telah membangun basis pelanggan yang solid dengan loyalitas tinggi.

Dia menambahkan bahwa botol daur ulang tereftalat (PET) telah berfungsi sebagai bahan produksi terbaik untuk produk perusahaan.

Banner

Menurut Lo, tingkat daur ulang botol PET di Taiwan telah mencapai 95 persen, tertinggi di dunia, sehingga botol PET telah menjadi sumber material yang stabil bagi Shinkong.

Lo mengatakan Shinkong telah mendapatkan paten untuk teknologi Shin Sigma 3.0 untuk memungkinkan tekstilnya yang terbuat dari botol PET daur ulang memiliki fungsi penyerap basah dan cepat kering, yang merupakan permintaan paling penting dari para atlet.

Selain itu, kata Lo, produk Shinkong berbobot ringan dan tidak dapat dilihat, sementara emisi karbonnya yang rendah membantu mereka memenuhi permintaan akan perlindungan lingkungan.

Banner

Lo mengatakan, industri tekstil Taiwan pandai mengintegrasikan sumber daya dari segmen hulu, tengah, dan hilir untuk memproduksi benang, kain, dan pakaian jadi dan menjadi sukses di pasar global. Di Piala Dunia 2018 di Rusia, perusahaan tekstil Taiwan menyumbang lebih 80 persen dari rantai pasokan.

Sumber: CNA Taiwan

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan