Banner

Jalan kaki 5 menit setiap setengah jam atasi risiko kesehatan akibat duduk lama

Orang-orang berjalan melewati sebuah toko di Roma, Italia, pada 2 Maret 2022. (Xinhua/Jin Mamengni)

Olahraga jalan kaki selama lima menit setiap setengah jam dapat mengurangi sebagian besar risiko kesehatan serius yang ditimbulkan oleh duduk terlalu lama.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Jalan cepat selama lima menit setiap setengah jam dapat mengurangi sebagian besar risiko kesehatan serius yang ditimbulkan oleh duduk terlalu lama, menurut sebuah studi baru.

Banner

Duduk dalam waktu lama atau menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak telah lama dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk obesitas, kelebihan lemak tubuh, tekanan darah, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol tidak sehat, terutama jika seseorang tidak berolahraga secara teratur.

Laporan yang diterbitkan oleh Universitas Columbia di New York pekan lalu, menemukan bahwa jumlah gerakan optimal yang diperlukan untuk mengimbangi beberapa efek samping negatif ini adalah berjalan kaki selama lima menit setiap 30 menit.

Tim peneliti, yang dipimpin oleh Keith Diaz, seorang profesor di Vagelos College of Physicians and Surgeons, menguji lima kebiasaan olahraga yang berbeda, yang disebut sebagai “makanan ringan” dalam penelitian tersebut.

Banner

‘Camilan’ ini termasuk satu menit berjalan setiap 30 menit setelah duduk, satu menit setelah 60 menit, lima menit setiap 30 menit, lima menit setiap 60 menit, dan tidak berjalan sama sekali.

“Jika kami tidak membandingkan beberapa opsi dan memvariasikan frekuensi dan durasi latihan, kami hanya akan dapat memberikan tebakan terbaik kami tentang rutinitas optimal kepada orang-orang,” kata Diaz dalam sebuah pernyataan.

Masing-masing dari 11 orang dewasa yang mengambil bagian dalam penelitian di laboratorium Diaz duduk di kursi ergonomis selama delapan jam, hanya bangun untuk istirahat olahraga yang telah ditentukan untuk berjalan di atas treadmill atau pergi ke kamar kecil.

Banner

Para peneliti memantau peserta untuk mencegah kelebihan atau kekurangan berolahraga dan secara teratur memeriksa tekanan darah dan kadar gula darah mereka – yang merupakan indikator penting kesehatan jantung.

Para peserta diizinkan untuk menggunakan laptop serta membaca dan menggunakan ponsel mereka selama sesi dan diberi makanan standar. Tim peneliti menemukan bahwa jumlah gerakan optimal adalah 5 menit berjalan setiap 30 menit karena itu adalah satu-satunya jumlah yang signifikan guna menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.

Jalan kaki ini juga memiliki dampak yang signifikan terhadap cara peserta merespons makanan dalam jumlah besar, mengurangi lonjakan gula darah hingga 58 persen dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

Banner

Semua jumlah berjalan secara signifikan mengurangi tekanan darah sebesar empat sampai lima mmHg (milimeter merkuri – pengukuran tekanan darah) dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

“Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang Anda harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan,” jelas Diaz.

Mereka juga menemukan bahwa istirahat selama satu menit dari berjalan setiap 30 menit memberikan manfaat sederhana untuk kadar gula darah sepanjang hari dan berjalan selama satu atau lima menit setiap jam tidak memberikan manfaat sama sekali.

Banner

Selain itu, semua aturan olahraga jalan kaki, kecuali jalan kaki satu menit setiap jam, secara efektif mengurangi tingkat kelelahan peserta dan meningkatkan suasana hati mereka secara keseluruhan. Namun, tidak satu pun dari aktivitas jalan kaki yang berdampak pada fungsi kognitif. “Yang kita ketahui sekarang adalah untuk kesehatan yang optimal, Anda perlu bergerak secara teratur di tempat kerja, selain rutinitas olahraga harian,” kata Diaz.

“Meskipun kedengarannya tidak praktis, temuan kami menunjukkan bahwa berjalan kaki dalam jumlah sedikit pun dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.”

Sumber: Al Arabiya English

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan