Dalam 5 bulan, hampir 2 juta kendaraan lintasi jalan tol hasil investasi China di Kamboja

Foto dari udara yang diabadikan pada 28 Oktober 2022 ini menunjukkan Jalan Tol Phnom Penh-Sihanoukville (PPSHV) di Provinsi Kampong Speu, Kamboja. (Xinhua/Jalan Tol PPSHV)

Jalan Tol Phnom Penh-Sihanoukville di Kamboja telah dilintasi hampir 1,9 juta kendaraan dalam lima bulan pertama setelah jalan tersebut dibuka untuk umum pada Oktober tahun lalu.

 

Phnom Penh, Kamboja (Xinhua) – Hampir 1,9 juta kendaraan telah melintasi Jalan Tol Phnom Penh-Sihanoukville dalam lima bulan pertama setelah jalan tersebut dibuka untuk umum pada Oktober tahun lalu, demikian disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Transportasi Kamboja dalam pernyataan persnya pada Selasa (28/2).

Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Kamboja Sun Chanthol dalam pernyataan pers tersebut mengatakan bahwa meningkatkan kesadaran tentang penggunaan jalan tol dan menegakkan peraturan lalu lintas merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan keselamatan dalam berkendara di jalan bebas hambatan itu.

Dengan investasi dari China Road and Bridge Corporation senilai 2 miliar dolar AS, jalan tol sepanjang 187 kilometer tersebut menghubungkan Phnom Penh, ibu kota Kamboja, dengan provinsi pelabuhan laut dalam internasional Preah Sihanouk.

Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen mengatakan bahwa menggunakan jalan tol tersebut dapat menghemat uang dan waktu.

“Saya ingin mengimbau para pemilik perusahaan angkutan truk untuk menggunakan jalan tol itu,” ujarnya dalam sebuah pidato publik. “Menggunakan jalan tol itu lebih murah daripada menggunakan jalan reguler, menghemat bahan bakar dan waktu dalam rantai pasokan.”

Dengan dua jalur lalu lintas di masing-masing arah beserta satu jalur darurat di setiap sisi yang dilapisi dengan aspal beton, kendaraan dapat mencapai lokasi tujuannya dalam kurun waktu dua jam melalui jalan tol tersebut, alih-alih lima jam melalui National Road 4.

*1 dolar AS = 15.240 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan