Arus migran tak berdokumen naik 54 persen di Meksiko

Tentara Garda Nasional Texas berdiri di dekat para migran di Eagle Pass, Texas, Amerika Serikat, pada 24 Juli 2022. (Xinhua/Nick Wagner)

Arus migran ilegal di Meksiko melonjak 54,6 persen secara tahunan (year on year) dalam dua bulan pertama tahun ini, dengan Buletin Statistik Imigrasi Bulanan 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Meksiko mencatat 70.526 kasus migran tak berdokumen, 66,6 persen di antaranya laki-laki, dalam perjalanan mereka melalui negara itu ke Amerika Serikat.

 

Mexico City, Meksiko (Xinhua) – Arus migran tak berdokumen atau ilegal di Meksiko melonjak 54,6 persen secara tahunan (year on year) dalam dua bulan pertama 2023, seperti disampaikan Kementerian Dalam Negeri Meksiko pada Ahad (2/4).

Buletin Statistik Imigrasi Bulanan 2023 dari kementerian itu menunjukkan Meksiko mencatat 70.526 kasus migran tak berdokumen, dengan 66,6 persen di antaranya laki-laki, dari Januari hingga Februari dalam perjalanan mereka melalui negara itu ke Amerika Serikat (AS).

Negara bagian yang menerima proporsi terbesar dari para migran adalah Chiapas di Meksiko tenggara dengan 41,3 persen, diikuti oleh Tabasco di Meksiko tenggara dengan 9,3 persen, dan Coahuila di Meksiko utara dengan 8,8 persen.

Total 7,4 juta orang memasuki Meksiko dari luar negeri, termasuk 6,1 juta orang asing, menandai peningkatan 37,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Dalam dua bulan itu, negara tersebut menerbitkan 12.398 kartu penduduk permanen dan 11.091 kartu penduduk sementara.

Meksiko menjadi rute transit bagi para migran menuju AS dari Amerika Tengah, Karibia, Amerika Selatan, dan kawasan lainnya.

Demi menghindari penahanan oleh pihak imigrasi Meksiko, para migran kerap mengambil rute berisiko tinggi yang membuat mereka lebih rentan terhadap kejahatan terorganisasi.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan