Merkel berharap Hannover Messe tingkatkan ekonomi Jerman-Indonesia

Merkel berharap Hannover Messe tingkatkan ekonomi Jerman-Indonesia
Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada pembukaan Hannover Messe 2021, secara virtual pada Senin (12/4/2021). (Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan harapannya agar pameran Hannover Messe 2021 memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi Jerman dan Indonesia.

“Saya berharap untuk negara Indonesia dan Jerman, agar pameran ini bisa berkontribusi dalam menguatkan ekonomi dan pembangunan kedua negara,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Hannover Messe 2021: Digital Edition, secara virtual pada Senin (12/4).

Pada ajang Hannover Messe yang dihelat secara digital tersebut, Indonesia dipilih sebagai negara mitra (official partner country), menjadikannya satu-satunya negara ASEAN yang memperoleh kehormatan tersebut.

Kanselir Merkel mengungkapkan, tahun 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, bersamaan dengan Jerman sebagai tuan rumah KTT G7.

Menurut dia, hal tersebut menciptakan peluang kerja sama yang lebih strategis bagi kedua negara.

Merkel menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara mitra yang kuat bagi Jerman. Kemitraan dengan Indonesia dalam penyelenggaraan pameran internasional, tidak hanya Hannover Messe, tapi juga di acara lainnya, seperti pameran internasional pariwisata Berlin.

“Bagi kami di Jerman, Indonesia merupakan tujuan impian. Itulah salah satu alasan Indonesia pernah menjadi negara mitra di pameran pariwisata internasional,” tuturnya.

Merkel menambahkan, Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara tujuan pariwisata, tapi juga negara yang tepat untuk pengembangan inovasi, transformasi teknologi, dan pendidikan vokasi.

Karenanya, dia menyambut baik ajakan Presiden RI Joko Widodo untuk bermitra dalam melakukan transformasi digital di Indonesia.

“Anda sudah menceritakan transformasi dan pendidikan vokasi. Di masa depan kami juga ingin menjadi mitra erat bagi Indonesia untuk sama-sama menghadapi transformasi teknologi dan digitalisasi,” ujar Merkel.

Partisipasi Indonesia dalam Hannover Messe kali ini sejalan dengan inisiatif strategis peta jalan industri nasional ‘Making Indonesia 4.0’ yang telah diluncurkan Presiden Jokowi pada 4 April 2018.

Pada Hannover Messe yang digelar pada 12-16 April 2021 tersebut, Indonesia menghadirkan 156 kementerian dan lembaga, Badan Usaha Milik Negara, perguruan tinggi, dan perusahaan swasta nasional.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here