Kosmonaut Rusia rampungkan ‘spacewalk’ selama 7 jam

Dua kosmonaut Rusia merampungkan aktivitas di luar wahana antariksa atau spacewalk kedua mereka tahun ini dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Kamis (4/5/2023). (Roscosmos)

Kosmonaut Rusia, Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin, keluar dari modul Poisk pada Rabu (3/5) pukul 23.00 waktu Moskow (atau Kamis pukul 03.00 WIB) dan memulai aktivitas di luar wahana antariksa.

 

Moskow, Rusia (Xinhua) – Dua kosmonaut Rusia merampungkan aktivitas di luar wahana antariksa atau spacewalk kedua mereka tahun ini dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Kamis (4/5), menurut siaran langsung dari perusahaan antariksa Rusia, Roscosmos.

Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin keluar dari modul Poisk pada Rabu (3/5) pukul 23.00 waktu Moskow (atau Kamis pukul 03.00 WIB) dan memulai aktivitas di luar wahana antariksa.

Tugas utama dalam spacewalk selama 7 jam 11 menit itu adalah memindahkan ruang airlock dari modul Rassvet ke modul Nauka menggunakan sebuah lengan robotik yang dikendalikan oleh kosmonaut Rusia lainnya, Andrei Fedyaev, yang berada di dalam ISS.

Para kosmonaut itu menghadapi beberapa kesulitan saat coba menghubungkan ruang tersebut ke Nauka akibat ketidaksejajaran unit penambatan (docking). Namun, mereka berhasil mengatasi masalah itu dengan bantuan para spesialis dari Bumi dan sukses menyelesaikan misi mereka.

Modul laboratorium multifungsi Nauka diluncurkan pada Juli tahun lalu dan menjadi fasilitas penelitian terbesar dan tercanggih Rusia di pos terdepan orbital.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan