Presiden China kirim surat ucapan selamat untuk forum peradaban dan sinologi

Presiden China Xi Jinping berpidato dalam sebuah jamuan selamat datang di Xi’an, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 18 Mei 2023. Pada Kamis (18/5) malam waktu setempat, Xi dan istrinya, Peng Liyuan, mengadakan upacara penyambutan dan jamuan selamat datang untuk para pemimpin Asia Tengah beserta istri mereka yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-Asia Tengah. Setelah jamuan tersebut, Xi, Peng, dan para tamu menyaksikan sebuah pertunjukan seni untuk menandai dibukanya tahun budaya dan seni rakyat China dan Asia Tengah serta festival seni pemuda China-Asia Tengah. (Xinhua/Huang Jingwen)

Konferensi Sinolog Dunia pertama, yang diselenggarakan oleh Asosiasi China untuk Pemahaman Internasional (Chinese Association for International Understanding), dibuka pada Senin (3/7) di Beijing, dengan mengusung tema ‘Melaksanakan Inisiatif Peradaban Global dan bersama-sama memajukan modernisasi’ (Implement the Global Civilization Initiative and jointly promote modernization).

 

Beijing, China (Xinhua) – Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), pada Senin (3/7) mengirimkan surat ucapan selamat untuk penyelenggaraan Dialog tentang Pertukaran dan Saling Belajar Antarperadaban ketiga dan Konferensi Sinolog Dunia yang pertama.

Xi menuturkan bahwa bangsa-bangsa di seluruh dunia telah menciptakan peradaban dengan karakteristik dan simbol-simbol mereka sendiri dalam proses panjang sejarah manusia. Pertukaran yang didasarkan pada nilai-nilai kesetaraan dan saling belajar di antara peradaban yang berbeda akan memberikan kompas spiritual bagi umat manusia untuk melewati berbagai tantangan berat di masa kini dan mencapai perkembangan bersama, imbuhnya.

Xi juga menekankan bahwa China bersedia untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam mengedepankan nilai-nilai bersama seperti perdamaian, pembangunan, kesetaraan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan, serta mengimplementasikan Inisiatif Peradaban Global (Global Civilization Initiative/GCI) untuk mengedepankan pertukaran alih-alih pengasingan, saling belajar alih-alih pertentangan, dan inklusivitas alih-alih superioritas budaya, demi memajukan peradaban manusia. Xi berharap para sinolog dari berbagai negara, sebagai utusan antara peradaban China dan peradaban lainnya, dapat melakukan lebih banyak upaya dalam mempromosikan pertukaran budaya, rasa saling pengertian, persahabatan, dan kerja sama antara China dan seluruh dunia.

Dialog tentang Pertukaran dan Saling Belajar Antarperadaban ketiga dan Konferensi Sinolog Dunia pertama, yang diselenggarakan oleh Asosiasi China untuk Pemahaman Internasional (Chinese Association for International Understanding), dibuka pada Senin di Beijing, dengan mengusung tema ‘Melaksanakan Inisiatif Peradaban Global dan bersama-sama memajukan modernisasi’ (Implement the Global Civilization Initiative and jointly promote modernization).

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan