Pasangan panda raksasa asal China bertolak menuju Spanyol

Seekor panda raksasa terlihat di sebuah kebun binatang di Madrid, Spanyol, pada 22 Februari 2024. (Xinhua/Gustavo Valiente)

Pasangan panda raksasa Jin Xi dan Zhu Yu bertolak meninggalkan Kota Chengdu di Provinsi Sichuan, China barat daya, menuju Spanyol.

 

Beijing, China (Xinhua) – Pasangan panda raksasa Jin Xi dan Zhu Yu bertolak meninggalkan Kota Chengdu di Provinsi Sichuan, China barat daya, menuju Spanyol pada Senin (29/4) pukul 11.25 waktu setempat (10.25 WIB), ungkap Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China.

Untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pasangan panda raksasa itu selama penerbangan, Pusat Penelitian dan Penangkaran Panda Raksasa Chengdu menyiapkan kandang transportasi khusus yang diisi dengan bambu dan rebung segar. Sejumlah petugas penangkaran dan dokter hewan akan bersiaga untuk memantau pasangan panda raksasa itu secara rutin.

Setibanya di Akuarium Kebun Binatang Madrid (Madrid Zoo Aquarium) di Spanyol, tim dari China akan tinggal selama sekitar tiga bulan untuk membantu panda-panda tersebut selama masa karantina, merampungkan pelatihan perilaku dan adaptasi stres, serta membantu panda-panda itu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka. Selain itu, tim dari China juga akan memberikan bimbingan teknis dan pelatihan kepada staf kebun binatang.

Pasangan panda raksasa
Panda raksasa bernama Man Man memakan bambu di Taman Margasatwa Lanzhou di Lanzhou, ibu kota Provinsi Gansu, China barat laut, pada 25 April 2024. Empat ekor panda raksasa yang telah pindah ke rumah baru mereka di Lanzhou tampil perdana di hadapan publik di taman tersebut pada Kamis (25/4). Panda-panda itu, yang terdiri dari tiga ekor panda jantan dan satu panda betina, tiba di Taman Margasatwa Lanzhou pada 2 April lalu dari Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China di provinsi tetangga, Sichuan. (Xinhua/Lang Bingbing)

China dan Spanyol menandatangani sebuah kesepakatan pada 2007 untuk meningkatkan perlindungan panda raksasa serta mendorong kerja sama dalam bidang keanekaragaman hayati dan spesies yang terancam punah. Hingga kini, enam bayi panda telah berhasil dilahirkan dan dikembangbiakkan berkat upaya bersama tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan