Indonesia-Norway Society (INS) perkuat jejaring masyarakat kedua negara

Indonesia-Norway Society (INS) perkuat jejaring masyarakat kedua negara
Peresmian organisasi nirlaba Indonesia-Norway Society (INS) di Wisma Duta Indonesia di Oslo pada Rabu (15/9/2021). (KBRI Oslo)
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Todung Mulya Lubis meremikan Indonesia-Norway Society (INS) di Wisma Duta Indonesia di Oslo pada Rabu (15/9).

INS adalah organisasi nirlaba yang bertujuan memperkuat hubungan masyarakat dan profesional Indonesia dan Norwegia di berbagai sektor, khususnya bidang budaya, pendidikan, pembangunan, dan energi terbarukan.

Dubes Indonesia menyambut baik pembentukan INS yang dinilai sebagai salah satu tonggak penting dalam hubungan bilateral Indonesia-Norwegia.

“Keberadaan lembaga ini dinilai tepat waktu dan telah menjadi tuntutan mengingat tingginya potensi kerja sama antarmasyarakat dan profesional kedua negara,” ujarnya.

Melalui INS, para professional kedua negara diharapkan dapat secara langsung terhubung untuk menggali peluang kerja sama.

INS akan dipimpin oleh anggota dewan (termasuk ketua) yang dipilih tiap tahun saat pertemuan tahunan INS.

Ketua pertama INS adalah Bjorn Blokhus, yang merupakan mantan duta besar Norwegia untuk Indonesia periode 2003-2008.

Ketua INS akan segera membentuk anggota dewan pertama untuk mempersiapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) termasuk pembuatan logo, situs jejaring, dan database anggota.

INS akan mulai membuka keanggotaan segera setelah AD/ART dan seluruh persyaratan ditetapkan.

Ketua INS Blokhus menyampaikan bahwa gagasan INS muncul saat merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia.

Rencananya INS akan diresmikan tahun 2020 namun terhalang oleh pandemic COVID-19.

INS akan menjadi mitra KBRI Oslo dalam memajukan hubungan antara masyarakat kedua negara.

Beberapa kegiatan yang akan digagas oleh INS adalah menyelenggarakan kegiatan networking; mempromosikan pertukaran pelajar, budaya dan olah raga; merencanakan bantuan beasiswa; serta memberikan bantuan dan fasilitasi bagi perusahaan Indonesia dan Norwegia untuk mengeksplorasi potensi bisnis dan perdagangan.

Peresmian INS dihadiri oleh 25 orang profesional dan tokoh masyarakat Indonesia dan Norwegia yang memiliki minat untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara masyarakat kedua negara.

Pendaftaran anggota INS dapat disampaikan melalui surel ke oslo.kbri@kemlu.go.id.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here