Banner

Sekumpulan makam kuno ditemukan di China timur laut

Foto yang diabadikan pada April 2023 dan disediakan oleh seorang narasumber ini menunjukkan sebuah situs penggalian di Kota Linghai di Provinsi Liaoning, China timur laut. (Xinhua)

Sebuah kompleks makam kuno China yang berasal dari era Dinasti Han Timur (25-220) berhasil ditemukan di Kota Linghai di Provinsi Liaoning, China timur laut, memiliki struktur bilik batu bata, dengan lebih dari seratus bekal kubur (benda-benda yang dikubur bersama jasad orang yang telah meninggal), seperti pot, guci, piring, dan model tungku dan sumur.

 

Shenyang, China (Xinhua) – Sebuah kompleks makam kuno China yang berasal dari era Dinasti Han Timur (25-220) berhasil ditemukan di Kota Linghai di Provinsi Liaoning, China timur laut, menurut para arkeolog.

Banner

Upaya penggalian tersebut diluncurkan oleh institut peninggalan budaya dan arkeologi Provinsi Liaoning pada Maret. Su Junqiang, seorang peneliti dari institut itu, mengatakan bahwa kedelapan makam tersebut memiliki struktur bilik batu bata.

Lebih dari seratus bekal kubur (benda-benda yang dikubur bersama jasad orang yang telah meninggal), seperti pot, guci, piring, dan model tungku dan sumur, berhasil ditemukan. Di salah satu makam, para arkeolog menemukan sebuah peti mati dengan kerangka manusia di dalamnya, ujar Su.

Struktur makam dan bekal kubur yang ditemukan menunjukkan ciri khas dari artefak yang berasal dari era Dinasti Han Timur, tambah Su.

Banner

Penemuan-penemuan baru itu, serta beberapa penemuan arkeologi sebelumnya, mengindikasikan bahwa wilayah yang saat ini dikenal sebagai Linghai dahulu berada di bawah yurisdiksi efektif Dinasti Han Timur, yang ibu kotanya berlokasi di dataran tengah China, papar Su.

Sebuah situs pembakaran yang berasal dari era dinasti Liao dan Jin (907-1234) juga berhasil ditemukan pada penggalian kali ini.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan