Indonesia jajaki kerja sama ekonomi digital dengan Korsel

Duta Besar RI untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto (kiri), melakukan pertemuan dengan Direktur Kerjasama Internasional Kakao di Pulau Jeju. (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Dalam rangka menjajaki kerja sama ekonomi digital antara Indonesia dan Korea Selatan, termasuk di bidang pengembangan startup (perusahaan rintisan), Duta Besar RI untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto, melakukan pertemuan dengan Direktur Kerja Sama Internasional Kakao di Pulau Jeju.

Dalam pertemuan itu, Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar, mencapai 191,4 juta pengguna per bulan Januari 2022, demikian keterangan resmi dari KBRI Seoul yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Dubes menyampaikan potensi besar untuk kerja sama ekonomi digital antara perusahaan internet Korea Selatan tersebut dengan pelaku ekonomi digital dan perusahaan rintisan di Tanah Air.

Guna mengembangkan kerja sama dengan skala luas, Dubes Gandi mengingatkan pentingnya mengawali kerja sama dengan memiliki mitra lokal di daerah-daerah wisata di Indonesia seperti Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Dubes lebih lanjut menegaskan bahwa KBRI Seoul turut aktif dalam menjembatani dan mempertemukan pelaku usaha antara kedua negara, termasuk Kakao dengan mitra potensialnya di Indonesia.

Kakao Corporation merupakan pemilik dari berbagai anak perusahaan termasuk Kakao Talk, Kakao Bank dan Kakao Entertainment.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan