Banner

Kedutaan Arab Saudi di Iran resmi dibuka kembali

Bendera nasional Iran dikibarkan pada upacara pembukaan Kedutaan Besar Iran di Riyadh, Arab Saudi, pada 6 Juni 2023. Setelah tujuh tahun ditutup, Iran pada Selasa (6/6) kembali membuka kedutaan besarnya di Arab Saudi, hampir tiga bulan setelah kedua negara itu sepakat untuk memulihkan hubungan bilateral di bawah kesepakatan yang dijembatani China. (Xinhua/Wang Haizhou)

Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran, Iran, secara resmi dibuka kembali pada 6 Agustus lalu, dan telah memulai pekerjaan normal, atau pertama kali sejak 2016 saat kedutaan tersebut ditutup.

 

Pandeglang, Banten (Indonesia Window) – Kedutaan Besar Arab Saudi di Iran secara resmi dibuka kembali pada hari Ahad (6/8), menurut pengumuman Kantor Berita Tasnim.

Banner

Pengumuman tersebut menyatakan pada Rabu (9/8) bahwa kedutaan Kerajaan di ibu kota Iran, Teheran, memulai pekerjaan normal, atau pertama kali sejak 2016 saat kedutaan ditutup.

Kantor Berita IRNA telah mengonfirmasi, mengutip sumber informasi, bahwa kedutaan Arab Saudi di Iran telah secara resmi memulai operasinya di Teheran sejak hari Ahad.

Langkah ini dilakukan setelah pengumuman pemulihan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran pada Maret lalu menyusul kesepakatan yang ditengahi China. Kesepakatan tersebut ditandatangani antara Riyadh dan Teheran di ibu kota China, Beijing, bertujuan untuk melanjutkan hubungan antara kedua negara sebagaimana disepakati pada bulan Maret dan untuk membuka kembali kedutaan mereka di ibu kota masing-masing.

Banner

Kedutaan Iran dibuka di Riyadh pada bulan Juni, beberapa bulan setelah penandatanganan perjanjian Saudi-Iran. Bekas gedung kedutaan, yang ditutup selama bertahun-tahun, dibuka kembali setelah hubungan diplomatik pulih sepenuhnya.

Beberapa hari setelah pembukaan kedutaan Iran di Riyadh, Jeddah menyaksikan Iran membuka kembali konsulat jenderalnya di kota itu, yang juga ditutup sejak tujuh tahun lalu. Kantor perwakilan Teheran untuk Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah juga dibuka kembali.

Sumber: Saudi Gazette

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan