Banner

Jumlah perusahaan ‘unicorn’ di China capai 369

Foto yang diabadikan pada 26 April 2024 ini menunjukkan sebuah robot humanoid penyelamat darurat yang dipajang dalam ekshibisi permanen di Zhongguancun Exhibition Center di Beijing, ibu kota China. (Xinhua/Li Xin)

Jumlah perusahaan unicorn di China mencapai lebih dari seperempat total global, menjangkau 16 sektor, sebagian besar bergerak di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan sirkuit terpadu (integrated circuit/IC).

 

Beijing, China (Xinhua) – China memiliki total 369 perusahaan berstatus unicorn, atau perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS, menurut sebuah laporan yang dirilis pada Ahad (28/4) dalam Forum Zhongguancun 2024 yang diadakan di Beijing.

Banner

Jumlah perusahaan unicorn di China mencapai lebih dari seperempat total global, menurut laporan yang menyoroti perkembangan perusahaan unicorn di China tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan China secara keseluruhan dalam bidang inovasi teknologi terus meningkat. Negara ini berhasil membangun banyak perusahaan unicorn, yang memberikan momentum berkelanjutan untuk membangun kekuatan produktif berkualitas baru, sebut para ahli.

Jumlah perusahaan unicorn
Foto yang diabadikan pada 28 April 2024 ini menunjukkan sebuah platform robot seni teh interaksi cerdas yang dipajang dalam ekshibisi permanen di Zhongguancun Exhibition Center di Beijing, ibu kota China. Sebuah ekshibisi permanen akan dibuka untuk umum baru-baru ini, memajang lebih dari 430 teknologi dan produk dari 320 lebih perusahaan dan institusi penelitian di Beijing yang berkaitan dengan bidang-bidang mutakhir, seperti teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), informasi kuantum, kedirgantaraan komersial, hayati dan kesehatan, serta manufaktur biologis sintetis. Di antara deretan teknologi dan produk tersebut terdapat beberapa pencapaian besar yang dirilis atau diperkenalkan di Forum Zhongguancun 2024. (Xinhua/Ren Chao)

Saat ini, 369 perusahaan unicorn di China menjangkau 16 sektor, sebagian besar bergerak di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan sirkuit terpadu (integrated circuit/IC).

Banner

Dari segi lokalitas, perusahaan-perusahaan ini tersebar di 47 kota di seluruh China, dan lebih dari 60 persen di antaranya terkonsentrasi di Beijing, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, dan Hangzhou.

Sebanyak 67 di antaranya masuk dalam daftar perusahaan berstatus unicorn dalam setahun terakhir.

Beijing menempati urutan pertama di China untuk jumlah unicorn terbanyak dengan 114 perusahaan, ungkap laporan tersebut.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan