Banner

TK nirlaba layani lebih dari 90 persen siswa prasekolah di China

Anak-anak bermain di Taman Kanak-Kanak Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking di Beijing, ibu kota China, pada 27 Maret 2024. (Xinhua/Ren Chao)

Jumlah TK di seluruh China mencapai 274.000, dengan 86 persen atau 236.000 di antaranya merupakan TK swasta nirlaba dan negeri yang biayanya terjangkau.

 

Beijing, China (Xinhua) – Taman kanak-kanak (TK) nirlaba di China, yang meliputi TK swasta nirlaba dan negeri, kini melayani 90,8 persen anak-anak yang terdaftar di negara tersebut, demikian disampaikan oleh Kementerian Pendidikan China pada Kamis (16/5).

Banner

Hingga akhir 2023, jumlah TK di seluruh China mencapai 274.000, dengan 86 persen atau 236.000 di antaranya merupakan TK swasta nirlaba dan negeri yang biayanya terjangkau, ungkap data kementerian tersebut.

Selain itu, data kementerian tersebut menyoroti perkembangan positif dalam hal jumlah staf TK, dengan rasio murid dan guru yang meningkat dari 23,4 banding 1 pada 2013 menjadi 13,3 banding 1 pada 2023.

Kementerian itu mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan akses publik ke pendidikan prasekolah yang terjangkau dengan fokus pada pengembangan TK, terutama TK swasta nirlaba dan negeri, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan, kata seorang pejabat senior kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Banner

Pejabat tersebut menjanjikan adanya upaya lanjutan yang menyasar pengoperasian dan manajemen TK yang tidak memadai di seluruh negeri.

Pada 2018, otoritas China merilis dokumen penting tentang reformasi terkait pengembangan pendidikan prasekolah, yang menetapkan target untuk menjadikan pendidikan prasekolah aksesibel bagi semua orang.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan